PT Dharma Lautan Utama (DLU) menyatakan kesiapan mereka untuk mendukung akses pelayaran menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai upaya memperlancar arus distribusi logistik. 

Dukungan ini diharapkan mampu meningkatkan suplai kebutuhan penting seperti pangan yang bersumber dari berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Timur.

Pemilik sekaligus Penasihat Utama PT DLU, Bambang Haryo Soekartono (BHS), melalui keterangannya di Surabaya, Sabtu, mengungkapkan bahwa IKN masih memerlukan dukungan logistik dari berbagai daerah. 

"Komoditas seperti pangan di IKN membutuhkan suplai dari wilayah lain, termasuk Jawa Timur yang memiliki produksi logistik melimpah," ujar BHS yang juga anggota DPR RI ini.

PT DLU telah menyiapkan sejumlah rute pelayaran untuk mendukung distribusi logistik ke IKN. 

Pada Mei lalu, perusahaan ini membuka rute baru Surabaya-Donggala-Balikpapan dengan kapal KM Dharma Kencana V dari Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Kapal kelas Roll On-Roll Off (RORO) ini dilengkapi standar International Maritime Organization (IMO) dan memiliki kecepatan hingga 27 knot. Keberadaan kapal ini memperkuat rute Surabaya-Balikpapan yang telah dibuka sejak awal 2000-an.

Langkah ini diambil DLU untuk memastikan arus logistik dan transportasi penumpang ke IKN berjalan optimal. 

"Kami tidak hanya melayani penumpang, tetapi juga komoditas pangan yang sangat dibutuhkan di IKN," tutur BHS.

Dalam acara Malam Anugerah Prestasi 2024, PT DLU juga mengapresiasi kinerja insan kelautan dan para mitra yang berperan dalam menyukseskan pelayaran nasional.

 Penghargaan diberikan kepada SDM internal perusahaan dan mitra eksternal sebagai bentuk apresiasi dan untuk meningkatkan semangat kerja. 

"Sumber daya manusia adalah aset utama perusahaan. Dengan penghargaan ini, kami berharap mereka semakin semangat dan produktif dalam melayani kebutuhan logistik maupun penumpang," kata BHS yang didampingi Direktur Utama PT DLU, Erwin H. Poedjono.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024