Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo Fauzan Adim menyatakan pihaknya tengah melaksanakan koordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat terkait proses sortir surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sidoarjo 2024.

Fauzan, di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu mengatakan bahwa KPU Jatim juga telah berkoordinasi dengan seluruh jajaran KPU kabupaten kota yang ada di wilayah tersebut terkait proses sortir surat suara.

"Sudah dilakukan koordinasi terkait sortir surat suara, dan lainnya termasuk mekanisme pelipatan di gudang KPU nantinya," kata Fauzan.

Sementara itu, Komisioner KPU Sidoarjo Haidar Munjid, menjelaskan bahwa saat ini proses cetak surat suara dan visi misi pasangan calon (paslon) kepala daerah yang berkontestasi pada Pilkada Serentak 2024 sedang berlangsung.

"Surat suara sedang dicetak di Surabaya. Sedangkan untuk visi misi dicetak di Klaten, sudah tidak ada kesalahan sehingga sudah bisa cetak massal," ucap Haidar.

Rencananya, surat suara siap dikirim ke gudang logistik KPU Sidoarjo pada 4 November 2024.

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sidoarjo Fathur Rohman menyatakan pihaknya akan mengirimkan imbauan kepada KPU Sidoarjo, guna memastikan petugas melakukan pindai kode respons cepat dan menginput data ke aplikasi Silog Pilkada. 

Selain itu pihaknya juga meminta petugas untuk menyortir surat suara untuk mengantisipasi adanya surat suara yang rusak.

"Prinsipnya dalam pengawasan logistik bisa tepat jenis, tepat jumlah, tepat fasilitas dan tepat waktu," kata Fathur.

Pewarta: Fahmi Alfian

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024