Kabupaten Kediri, Jawa Timur, kaya akan pariwisata alam. Di kabupaten ini ada wisata air terjun, kemudian Gunung Kelud dengan ketinggian 1.731 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang sekaligus menjadi destinasi wisata alam unggulan. 

Gunung Kelud merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga kini. Gunung ini merupakan berkah untuk warga. Material gunung yang terbawa saat erupsi ternyata membawa keberkahan alam seperti pasir, hingga tanah yang subur. Gunung ini berada di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. 

Di desa-desa yang berada di bawah Gunung Kelud memanfaatkan potensi alam di daerahnya sebagai lokasi wisata. Salah satunya adalah Desa Sempu, Kecamatan Ngancar. Bahkan, desa ini telah masuk 50 besar desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata 2024 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
 
Desa wisata Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.


Kepala Desa Sempu Eko Suroso menjelaskan ada banyak potensi wisata di daerahnya, yang pada akhirnya dikembangkan bersama para pemuda yang tergabung dalam kelompok sadar wisata seperti Kampoeng Anggrek dan Kampung Indian.

Di wisata Kampoeng Anggrek, pengunjung bisa menikmati berbagai jenis tanaman anggrek. Bahkan, pengunjung juga bisa membeli beragam bunga yang dijual. 

Di tempat ini, terdapat puluhan koleksi bunga anggrek di antaranya jenis Dendrobium, Phalaenopsis (anggrek bulan), Cattleya hingga Oncidium. Dari jenis bunga-bunga tersebut, yang paling banyak diminati jenis Dendrobium dan anggrek bulan. 

Di tempat ini memanfaatkan metode kultur jaringan untuk memproduksi tanaman, sehingga hasilnya bisa lebih besar.

Lokasi wisata lainnya adalah Kampung Indian. Di tempat ini, pengunjung bisa mendapatkan edukasi terkait dengan suku Indian. 

Di desa ini, juga terdapat wisata susur kebun nanas. Buah ini banyak ditanam di kaki Gunung Kelud. Tanah yang bercampur pasir, cocok menjadi media untuk buah yang dikenal asam serta segar ini. 

Pengunjung bisa memanfaatkan kendaraan jip yang disewakan dengan harga terjangkau untuk berkeliling kebun nanas tersebut.

Selain itu, di tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas tempat untuk gerai UMKM, pentas, hingga fasilitas umum seperti kamar mandi. 
 
Pengunjung menikmati suasana di Desa wisata Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Untuk menuju ke tempat ini, sangat mudah. Pengunjung bisa naik kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat ke arah Kabupaten Kediri bagian timur, arah ke Gunung Kelud. Nantinya, tinggal mengikuti peta masuk Desa Sempu. 

Banyak produk UMKM dan makanan khas disajikan ke pengunjung dengan harga jual yang relatif terjangkau dengan berbagai menu. 

Andika, salah seorang pengunjung asal Kota Kediri mengaku baru tahu wisata Desa Sempu menarik untuk dikunjungi. Ia ingin kembali ke tempat ini dengan mengajak keluarganya. 

"Menarik juga tempatnya, baru tahu desa wisata ini. Banyak yang bisa dikunjungi," kata Andika. (*)
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024