Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, berkomitmen mendukung pemuda di kota itu untuk terus berkreativitas dengan berbagai program kepemudaan sehingga potensi mereka bisa tersalurkan dengan lebih kreatif.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri Zanariah, di Kediri, Kamis, mengemukakan Pemerintah Kota Kediri terus berkomitmen untuk mendorong para pemuda memiliki karakter kuat, menjadi generasi berkualitas dan unggul di masa depan.

Dukungan tersebut dilakukan melalui berbagai program, di antaranya memberikan ruang berekspresi melalui festival pemuda, melibatkan pemuda dalam pembinaan organisasi kepemudaan (OKP).

Setiap tahun mengadakan workshop untuk semua komunitas pemuda dan melakukan pemilihan pemuda pelopor yang meliputi bidang inovasi, seni, sosial budaya, pendidikan, pangan dan lingkungan sumber daya alam, serta memfasilitasi pengiriman peserta pemuda berprestasi tingkat provinsi maupun nasional, katanya.

Zanariah dalam workshop kepemudaan dengan tema "Membangun karakter, menguatkan mental, meraih masa depan gemilang" di Aula Ki Hajar Dewantara BKPSDM Kota Kediri tersebut menambahkan, pemkot sengaja mengadakan workshop kepemudaan tersebut.

Hal ini sebagai upaya untuk membangkitkan semangat para pemuda ini. Ke depan tantangan zaman yang semakin kompleks, sehingga karakter kokoh dan mental yang kuat merupakan modal utama bagi pemuda untuk menghadapi segala rintangan dan meraih kesuksesan.

Ia mengatakan dalam perjalanan hidup akan menghadapi berbagai macam tantangan dan rintangan, mulai dari ujian akademik, tekanan sosial, hingga gejolak emosi. Sehingga, di tengah derasnya arus kehidupan yang penuh ketidakpastian, memiliki karakter yang kuat dan mental yang sehat menjadi bekal yang sangat berharga.

"Jadi akan terbiasa memiliki nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, dan integritas, sehingga membantu dalam mengambil keputusan yang baik," kata dia.

Pj Wali Kota Kediri juga menekankan ada hal yang tak kalah pentingnya untuk dimiliki oleh para pemuda yakni mental yang sehat, karena dengan itu, para pemuda mampu mengendalikan emosinya dengan baik, sehingga tidak mudah terbawa perasaan negatif seperti marah, sedih, ataupun cemas.

Selain itu, juga membantu mereka melihat segala sesuatu dari sisi positifnya. Hal tersebut akan membuat seseorang lebih optimistis dan bersemangat dalam menjalani hidup, mampu menjaga fokus pada tujuan serta membantu memiliki kehidupan seimbang yang baik.

"Kalian adalah generasi milenial yang memiliki potensi luar biasa. Manfaatkanlah kesempatan ini untuk belajar, berdiskusi, dan bertukar pikiran dengan para narasumber dan teman-teman sebaya. Serta jadikan workshop ini sebagai langkah awal untuk meraih masa depan yang gemilang," kata dia.

Workshop Kepemudaan ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2024. Kegiatan ini diikuti sebanyak 90 orang peserta yang berasal dari komunitas kepemudaan seperti karang taruna, pramuka saka pariwisata, KNPI, purna-Paskibraka Kota Kediri, himpunan pecinta Alam, ikatan panji galuh, pemuda pelopor, PMR, forum OSIS Kota Kediri, HIPMI, perwakilan mahasiswa mahasiswi Kediri serta SMA Taruna Brawijaya Jawa Timur.

Hadir dalam kegiatan itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Kediri Ferry Djatmiko, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri Zachrie Ahmad dan peserta workshop komunitas kepemudaan.*

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024