Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menerima sebanyak 644 boks surat suara calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kediri dalam Pilkada 2024.

Ketua KPU Kabupaten Kediri Nanang Qosim menjelaskan KPU menerima 643 boks surat suara. Jumlah itu ditambah dengan satu boks khusus untuk surat suara sebagai persiapan pemungutan suara ulang (PSU) sehingga total yang diterima adalah 644 boks.

"Kami menerima pengiriman logistik pilkada untuk surat surat calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kediri sejumlah 634 boks. Itu ditambah dengan untuk PSU satu boks," katanya di Kediri, Rabu.

Ia menjelaskan satu boks surat suara itu berisi 1.433 lembar, sedangkan khusus satu boks yang untuk PSU berisi 2.000 lembar. Sehingga secara total dari 644 boks itu terdapat 1.287.433 lembar surat suara.

Untuk saat ini, logistik surat suara itu sudah berada di gudang KPU Kabupaten Kediri dan dalam kondisi baik. KPU juga masih koordinasi untuk proses sortir dan pelipatan surat suara. KPU juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang diperbantukan untuk proses sortir dan pelipatan suara tersebut.

"Kami rapatkan untuk proses sortir dan pelipatan surat suara, termasuk nanti berapa orang yang dilibatkan membantu proses tersebut," kata dia.

Nanang mengaku untuk surat suara calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jatim masih belum diketahui kapan turunnya. Saat ini, KPU masih menunggu kiriman. Sambil menunggu kiriman surat suara dalam Pilkada Jatim, KPU Kabupaten Kediri melakukan proses sortir dan lipat terlebih dahulu.

Pihaknya menargetkan pada 28 Oktober 2024 tersebut proses sortir lipat untuk suara calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kediri sudah selesai.

Hingga kini, logistik yang sudah sampai di KPU Kabupaten Kediri adalah kotak suara sejumlah 4.748 kotak, kabel ties 28.176 barang, bilik suara ada 9.392 unit, tinta 4.698 unit, segel 117.049 unit, dan sampul biasa ada 37.701 unit.

Pilkada 2024 di Kabupaten Kediri diikuti dua pasangan calon, yakni pasangan nomor urut 1 adalah calon Bupati Kediri Deny Widyanarko dan calon Wakil Bupati Kediri Mudawamah yang didukung PKB serta Partai NasDem.

Untuk nomor urut 2 adalah calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana serta calon Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa, diusung oleh enam partai dalam parlemen, yakni PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PAN, Partai Demokrat, Partai Golkar dan PKS. Dukungan juga diberikan dari 10 partai nonparlemen meliputi PPP, Partai Ummat, Partai Garuda, PSI, Gelora, Hanura, Partai Buruh, Perindo, PKN dan PBB.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024