Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lamongan Mahrus Ali menyatakan pelaksanaan debat pubik perdana Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 akan diselenggarakan di Gedung Graha Pena, Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis (24/10) pukul 19.30 - 21.30 WIB.

"Jadi berbeda dengan Kabupaten Tuban dan Bojonegoro yang menggelar debat di dalam daerah. Sesuai dengan hasil koordinasi kami, semuanya sepakat untuk digelar di luar daerah," katanya di Kantor KPU Lamongan, Jawa Timur, Rabu.

Mahrus menuturkan pemilihan Kota Surabaya sebagai lokasi debat perdana lantaran lokasi Lamongan yang dinilai masih kurang representatif sebagai tempat debat calon.

Selain itu, Mahrus mengatakan pemilihan Surabaya turut mempertimbangkan pelaksanaan debat yang akan berlangsung pada malam hari dan prime time sehingga diperlukan suasana yang kondusif termasuk mengenai pengendalian massa.

Ia menjelaskan, meski dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) telah menganjurkan pelaksanaan debat di daerah masing-masing namun pihak KPU setempat dan beberapa stakeholder telah sepakat untuk menggelar di Surabaya.

“Keputusan ini sudah kami plenokan dalam rapat koordinasi bersama. Kami juga telah mengirim surat melalui KPU Provinsi Jatim yang nantinya juga disampaikan ke KPU RI,” ujarnya.

Sementara itu, Mahrus mengatakan untuk debat kedua dan ketiga nantinya turut diselenggarakan di Surabaya yakni pada 7 November dan 21 November.

Untuk debat perdana dengan tema strategi memajukan daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lamongan nantinya akan dipimpin oleh moderator dari latar belakang jurnalis perempuan yakni Agnes Santoso didampingi oleh Helmi Kahaf dan beberapa panelis dari unsur akademisi.

Untuk format debatnya, terdapat enam segmen dengan durasi paling lama 180 menit yakni terdiri atas 150 menit segmen debat publik antar pasangan calon dan 30 menit jeda istirahat.

Sebagaimana informasi, Pilkada 2024 Kabupaten Lamongan diikuti oleh dua pasangan calon yakni nomor urut 1 Abdul Ghofur-Firosya Shalati dan nomor urut 2 Yuhronur Efendi-Dirham Akbar Aksara.

Pewarta: Alimun Khakim

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024