Komando Armada (Koarmada) TNI Angkatan Laut membangun Monumen Pesawat Nomad di kawasan wisata Telaga Wahyu di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, guna dijadikan ikon sejarah sekaligus menambah daya tarik wisata.

Peletakan batu pertama pembangunan monumen Pesawat Nomad TNI AL secara langsung dilakukan oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi di kawasan wisata Telaga Wahyu, Sarangan, Plaosan, Magetan, Jumat.

Laksamana Muda Yoos Suryono Hadi mengatakan bahwa pembangunan Monumen Pesawat Nomad TNI AL tersebut adalah sebagai simbol sejarah adanya Pendidikan "Special Operation" di Sarangan pada tahun 1947.

"Pendidikan Special Operation di Magetan diresmikan oleh Presiden Pertama RI Ir Soekarno yang pada saat itu bertujuan membentuk para perwira pengendali kapal cepat untuk menembus blokade laut Belanda dan operasi-operasi khusus aspek laut lainnya," ujarnya.

Laksamana Muda Yoos Suryono yang merupakan putra asli Magetan itu berharap agar keberadaan Monumen Nomad mampu menjadi inspirasi dan memotivasi generasi muda bangsa dan masyarakat.

"Saya berharap monumen ini dapat memberikan manfaat bagi TNI Angkatan Laut, warga Magetan, serta seluruh masyarakat pada umumnya," ujar perwira tinggi TNI AL yang juga Ketua Ikatan Keluarga Magetan (IKMA) di Jakarta tersebut.

Sementara itu, Pj Bupati Magetan Nizhamul menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada TNI AL atas pembangunan Monumen Pesawat Nomad di Kabupaten Magetan.

Pihaknya menyatakan TNI Angkatan Laut mendukung pengembangan lokasi Telaga Wahyu sebagai wisata edukasi maritim dengan nantinya memberikan hibah Pesawat Nomad dan serta alutsista purnatugas lainnya.

"Berdasarkan sejarah, ada hubungan Kabupaten Magetan dengan TNI Angkatan Laut. Keberadaan Monumen Pesawat Nomad ini nantinya mendukung konsep pengembangan Telaga Wahyu serta menambah daya tarik destinasi wisata edukasi tematik maritim bagi wisatawan di lokasi setempat," kata Pj Bupati Magatan Nizhamul.

Hadir dalam kegiatan peletakan batu pertama selain Panglima Komando Armada TNI AL, Pj. Bupati Magetan juga Kepala Dinas Sejarah TNI AL, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya, Forkopimda Kabupaten Magetan, perwakilan anggota IKMA di Jakarta, Pj. Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD terkait, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024