Pemerintah Kota Kediri Jawa Timur meraih penghargaan pada Award Peduli Ketahanan Pangan untuk kategori Ketersediaan Pangan, yang diberikan dalam peringatan Hari Pangan Sedunia ke-44 tahun 2024 Provinsi Jawa Timur.

"Alhamdulillah kami kembali dianugerahi penghargaan. Kali ini meraih Award Ketahanan Pangan. Penghargaan ini diraih setelah berbagai tahap penilaian dan juga kita mempunyai inovasi," kata Penjabat Wali Kota Kediri Zanariah di Kediri, Rabu.

Zanariah menjelaskan, Kota Kediri memiliki inovasi berupa program Sekolah Peduli Inflasi. Program ini kerja sama antara Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Kediri dan Pemerintah Kota Kediri. Pada program ini siswa diajak terlibat aktif dalam pengendalian inflasi melalui urban farming.

Kegiatan Sekolah Peduli Inflasi ini juga sejalan dengan arahan pemerintah pusat. Kementerian Dalam Negeri juga mengimbau pemerintah daerah untuk serius melakukan kegiatan menanam beberapa komoditas yang dapat mengendalikan inflasi.

Kota Kediri menjadi kota yang terpilih untuk menjadi proyek percontohan program Sekolah Peduli Inflasi. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk melakukan hal serupa.

Sekolah peduli inflasi merupakan program yang memadukan dua aspek, yakni partisipasi aktif dan edukasi siswa dengan tujuan untuk mendorong pengendalian inflasi dari sisi bahan komoditas pangan, salah satunya dengan budi daya urban farming.

Ia juga menjelaskan, program ini merupakan salah satu upaya untuk ketahanan pangan sekaligus menciptakan Kota Kediri aman pangan di pasar swalayan. Salah satunya dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang ada.

"Kami ajak semua untuk memanfaatkan pekarangan atau lahan yang ada di lingkungannya. Harapannya kebutuhan pangan rumah tangga bisa terpenuhi di tingkat rumah tangga. Sehingga ketahanan pangan dapat tercipta," katanya.

Pj wali Kota Kediri itu juga menambahkan, ke depan Pemerintah Kota Kediri akan terus melakukan pendampingan "Sekolah Peduli Ketahanan".

Selain itu pendampingan pelaku usaha pangan segar untuk memperoleh Sertifikat Prima 3 sekaligus izin registrasi pangan segar asal tumbuhan.

"Kami akan terus berupaya agar ketersediaan pangan terus terpenuhi. Kami konsentrasi memanfaatkan potensi yang bisa dikembangkan di Kota Kediri," katanya.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono dalam acara yang digelar di Jatim Expo, Surabaya. Pj Wali Kota Kediri Zanariah menerima penghargaan tersebut didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri Moh. Ridwan.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024