Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, Jawa Timur, menerima logistik berupa surat suara sebanyak 63 boks surat suara untuk Pilkada 2024.

"Kami terima 63 boks, yang 62 boks reguler dan satu boks untuk surat suara PSU (pemungutan suara ulang). Secara total ada 125.271 lembar surat suara," kata Ketua KPU Kota Blitar Rangga Bisma Aditya di Blitar, Sabtu.

Ia mengatakan, KPU Kota Blitar termasuk KPU yang mendapatkan logistik berupa surat suara awal dari penyedia. Selain surat suara, logistik yang sudah datang di antaranya kotak suara, kabel ties, tinta.

Sedangkan untuk logistik lain seperti formulir dan lainnya masih dalam proses. Jika proses pencetakan tersebut selesai, dari pihak penyedia segera mengirimkan ke KPU.

Ia menambahkan, selain untuk keperluan pemungutan suara, KPU juga mendapatkan satu boks surat suara yang digunakan untuk persiapan pemungutan suara ulang.

"Ada 2.000 lembar untuk PSU. Kami berharap surat suara PSU tidak digunakan, disimpan saja sebagai bagian dari regulasi," ujar dia.

Rangga juga mengatakan, KPU segera koordinasi dengan pihak ketiga untuk keperluan pelipatan surat suara. Proses pelipatan surat suara rencananya dilakukan pada 17-19 Oktober 2024 di gudang KPU.

Proses sortir dan lipat surat suara tersebut dilakukan untuk melipat surat suara sekaligus menyeleksi surat suara yang rusak dan tidak rusak.

"Kami akan libatkan eksternal untuk sortir dan lipat. Untuk sistemnya sortir tidak boleh bawa tas masuk ke dalam (gudang KPU), makan minum di dalam tidak boleh. Sortir dan lipat itu nanti akan ditemukan yang rusak dan akan diganti oleh penyedia," kata dia.

Untuk saat ini, ia menyebut surat suara yang datang masih untuk Pilkada 2024 Kota Blitar. Untuk surat suara Pilkada Jatim akan datang sekitar 3 November 2024.

Pilkada di Kota Blitar akan diikuti 120.181 orang pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Jumlah itu antara lain 58.860 orang pemilih laki laki dan 61.321 orang pemilih perempuan.

KPU Kota Blitar juga telah menetapkan pasangan nomor urut 1 untuk calon Wali Kota - calon Wakil Wali Kota Blitar Bambang Rianto-Bayu Setyo Kuncoro serta pasangan nomor urut 2 untuk calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Blitar Syauqul Muhibbin-Elim Tyu Samba.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024