Rafael Nadal mengumumkan pensiun akhir musim 2024 nanti ketika menjalani ajang profesional terakhirnya dalam final Piala Davis di Malaga pada 19-24 November.

"Halo semuanya, saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa saya pensiun dari tenis profesional," kata petenis berusia 38 tahun itu dalam bahasa Spanyol lewat video yang diunggah pada akun media sosialnya, Kamis.

“Ini adalah tahun-tahun yang sulit, terutama dua tahun terakhir ini. Saya rasa saya tidak dapat bermain tanpa keterbatasan."

"Ini sungguh keputusan yang sulit, yang membutuhkan waktu bagi saya untuk memutuskannya, tetapi dalam hidup ini, segala sesuatu memiliki awal dan akhir, dan saya rasa ini adalah waktu yang tepat untuk mengakhiri karier yang telah lama dan jauh lebih sukses daripada yang pernah saya bayangkan."

Menurut catatan ATP, Nadal telah menjuarai 92 turnamen tingkat tur dan menghabiskan 209 pekan sebagai No.1 dalam peringkat ATP. 

Ia menjadi salah satu bintang utama ATP Tour sejak menjadi petenis profesional pada 2001. Ia mencatatkan 22 gelar Grand Slam yang mencakup 14 gelar di Roland Garros.

Nadal akan mengakhiri kariernya yang gemilang di tanah kelahirannya di Malaga dengan menjadi bagian tim Piala Davis Spanyol yang juga beranggotakan Carlos Alcaraz.

Tuan rumah akan memainkan pertandingan perempat final melawan Belanda pada 19 November.

Nadal mengungkapkan kebahagiaannya turnamen terakhirnya adalah Piala Davis dan mewakili negaranya.

"Saya pikir saya telah mencapai titik balik sejak salah satu kegembiraan besar pertama saya sebagai pemain tenis profesional adalah final Piala Davis di Sevilla pada 2004. Saya merasa sangat, sangat beruntung atas semua hal yang telah saya alami."

Nadal, yang sejauh ini memiliki catatan menang kalah 12-7 selama 2024, berterima kasih kepada para pesaingnya di ATP Tour, timnya, dan keluarganya (termasuk paman dan mantan pelatihnya Toni Nadal).

"Pulang ke rumah dan melihat bagaimana putra saya tumbuh setiap hari telah menjadi kekuatan yang benar-benar membuat saya tetap hidup dan dengan energi yang diperlukan untuk terus maju," kata petenis Spanyol itu.

Nadal sangat populer di dunia tenis. Petenis kidal itu bersaing ketat dalam "Big Three" bersama Roger Federer dan Novak Djokovic, yang mengartikan dia akan mengakhiri kariernya sebagai salah satu ikon tenis terbesar.

"Akhirnya, kalian, para penggemar. Saya sangat bersyukur atas apa yang telah kalian lakukan," ujar Nadal di akhir video. "Kalian telah memberi saya energi yang saya butuhkan setiap saat."

"Sungguh, semua yang saya alami adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya meninggalkan tempat ini dengan ketenangan pikiran karena telah memberikan yang terbaik, karena telah berusaha dengan segala cara. Saya hanya bisa mengakhiri dengan mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua orang dan sampai jumpa."
 

Pewarta: Arindra Meodia

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024