Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menyebut program yang dilakukan organisasi kepemudaan, Pramuka sangat positif sebab ikut membentuk generasi muda menjadi generasi yang mandiri.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri Zanariah mengemukakan Pramuka bukan hanya sekadar sebuah organisasi kepanduan tetapi juga merupakan wadah yang sangat penting dalam membentuk karakter generasi muda menjadi lebih mandiri, tangguh, dan berkarakter.

"Kami mendorong kakak-kakak pembina, terus merangkul generasi muda untuk mengenal, memahami, dan mencintai Pramuka. Sekaligus mengajak mereka untuk menerapkan nilai-nilai Pramuka yang mengajarkan pada kebaikan, sehingga dapat menjadi salah satu jalan menyiapkan generasi muda menyambut Indonesia Emas 2045," katanya di Kediri, Selasa.

Zanariah mengatakan sebagai organisasi kepanduan tongkat estafet organisasi ini harus terus berjalan. Pemerintah Kota Kediri juga mendukung berbagai program Pramuka yang ikut mendidik anak-anak bangsa menjadi lebih baik dan tangguh.

Pj Wali Kota yang hadir dalam acara Musyawarah Cabang Luar Biasa Gerakan Pramuka Kota Kediri tersebut mengatakan sosok pemimpin menjadi yang penting dalam sebuah organisasi. Apalagi Ketua Kwarcab Kota Kediri yang lama menjalankan amanat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kediri sehingga harus secepatnya dipilih ketua yang baru.

"Hari ini musyawarah cabang luar biasa dilaksanakan untuk memilih Ketua Kwartir Cabang periode 2024-2025. Nantinya ketua baru akan melanjutkan kepemimpinan ketua kwarcab lama Kak Siswanto. Hal ini dikarenakan Kak Siswanto telah menjalankan amanah sebagai DPRD Kabupaten Kediri, sehingga agar organisasi Gerakan Pramuka ini tetap berjalan maka perlu dipilih kembali Ketua Kwarcab Kota Kediri melalui mekanisme Muscablub," ujarnya.

Zanariah mengungkapkan Muscablub ini merupakan proses dalam perpindahan tongkat estafet tanggung jawab pengorganisasian Gerakan Pramuka Kota Kediri. Guna melanjutkan berjalannya organisasi sekaligus memberikan angin segar dengan ide-ide baru yang akan menambah warna pada Pramuka Kota Kediri.

Ia juga berharap siapapun yang terpilih sebagai ketua nantinya dapat mengemban tugas dengan baik, menjadi penghubung antara pengurus internal dengan pemangku kepentingan, serta selalu berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Kediri.

"Saya berharap melalui Muscablub ini akan terpilih pemimpin yang memiliki visi yang jelas, komitmen yang kuat, dan mampu membawa perubahan positif bagi Gerakan Pramuka. Semoga Muscablub ini semakin menguatkan dan mengompakkan kepengurusan sehingga bisa membawa Pramuka Kota Kediri semakin berprestasi dan berkembang lebih baik," kata Pj Wali Kota Kediri yang sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Kediri tersebut.

Musyawarah ini digelar di Aula Ki Hajar Dewantara Dinas Pendidikan Kota Kediri. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua (Waka) Kwartir Daerah (Kwarda) Bidang Organisasi dan Hukum Jatim Purmadi, Sekretaris Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Kediri Maki Ali, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Kediri Siswanto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Anang Kurniawan, Plt Kepala Kementerian Agama Kota Kediri Zamroni, dan tamu undangan lainnya.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024