Pekerja Jawa Timur yang berada di PT Santos Jaya Abadi menyatakan siap memenangkan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
Ketua Umum Aliansi Gesper Jatim Ahmad Fauzi menegaskan bahwa pekerja Jawa Timur siap untuk memenangkan Khofifah-Emil dengan perolehan suara minimal 75 persen.
 
“Kami pekerja Jawa Timur siap untuk memenangkan Ibu Khofifah satu putaran. Minimal target kemenangan 75 persen,” kata Fauzi dalam keterangan diterima di Surabaya, Selasa.
 
Lebih lanjut Fauzi menegaskan bahwa selama menjabat sebagai Gubernur di periode pertama, Khofifah telah membuktikan perhatian besarnya untuk buruh dan pekerja.
 
Salah satu program konkret adalah Khofifah memberikan kuota jalur afirmasi khusus anak buruh sebesar lima persen pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk masuk SMA SMK Negeri negeri di Jawa Timur.
 
“Ini hanya dilakukan di provinsi Jawa Timur. Ini menolak stigma bahwa anak buruh anak pekerja sulit untuk masuk sekolah SMA SMK negeri,” kata Fauzi.
 
Untuk itu, pekerja Jawa Timur menyatakan kompak untuk memenangkan Khofifah dalam Pilkada Jatim 2024 mendatang. Dengan harapan program ini terus dilanjutkan dan perhatian pada buruh bisa terus ditambah.
 
Sementara itu, Cagub Jatim nomor urut 2 Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa kunjungan dan kampanye di perusahaan produsen olahan kopi kemasan ini tak lain ingin menyosialisasikan gelaran Pilkada Serentak yang akan dihelat pada tanggal 27 November 2024. 
 
“Di banyak tempat saya masih merasa sosialisasi terkait Pilkada serentak harus terus dilakukan secara bersama sama. Bahwa ada Pilgub dan Pilwali maupun Pilgub pada 27 November nanti,” kata Khofifah.
 
“Sehingga kita tadi mengajak agar pekerja tak lupa ke TPS untuk menyalurkan hak pilih. Dan tentunya juga kami sosialisasikan bahwa di pemilihan gubernur kali ini kami mendapatkan nomor 2,” tambahnya.
 
Tak hanya kampanye, kunjungan kali ini juga menjadi kesempatan bagi Khofifah untuk melakukan monitoring efek dari deflasi yang terjadi di Indonesia dan belahan negara dunia. Bagaimana pengaruh dan dampaknya di sektor industri di Jatim.
 
“Berdasarkan yang kami tanyakan pada owner Santos Jaya Abadi ini, alhamdulillah deflasi ini tidak berpengaruh pada produktivitas industri kopi di sini. Itu artinya tidak ada PHK, dan produksi jalan terus tanpa kendala,” ujarnya.
 
Monitoring ini dikatakan Khofifah penting karena setiap pertumbuhan ekonomi yang ada di Jatim berpengaruh pada lahirnya peluang lapangan kerja. Karena mau tidak mau setiap tahunnya selalu ada lulusan SMA dan SMK bahkan perguruan tinggi baru yang menjadi angkatan kerja baru yang membutuhkan lapangan kerja baru.

Untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan berkontestasi pada Pilkada Jatim 2024 ada tiga pasangan calon yakni Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dan Tri Rismaharini-KH Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans).


Berdasarkan jadwal, pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2024 berlangsung pada 27 November dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024