Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Emil Elestianto Dardak menekankan pentingnya peran pasar tradisional sebagai pusat perputaran ekonomi lokal dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) saat mengunjungi Pasar Menganti Gresik, Jumat.

"Ya ini bagian kunjungan kami ke kabupaten Gresik, dan Menganti ini adalah daerah yang berbatasan langsung di sisi barat Surabaya dan agak di selatan. Dan ini kawasan yang sangat pesat berkembang," ujar Emil Dardak.

Mantan Bupati Trenggalek ini juga menekankan bahwa keberadaan pasar tradisional menjadi gerbang penting bagi pengembangan produk lokal dan sektor UMKM di wilayah tersebut.

Baca juga: Fobhinu siap wujudkan kemenangan telak Khofifah-Emil di Madura

Emil menilai keberadaan pasar ini sangat vital bagi warga yang bekerja di sektor jasa dan industri sebagai konsumen utama.

"Dan memiliki pasar tradisional di sini menjadi gerbang bagi pengembangan UMKM dan tersalurkan-nya produk-produk lokal bagi masyarakat," kata Emil.

Warga dan pedagang yang hadir berharap agar pasar ini terus diperhatikan oleh pemerintah, terutama terkait stabilitas harga dan ketersediaan pasokan.

Emil pun memastikan bahwa Pemprov Jawa Timur telah memiliki komitmen untuk terus mengembangkan kawasan aglomerasi Gerbangkertosusila, termasuk Gresik.

"Ini adalah perputaran ekonomi lokal, dan Menganti adalah salah satu kecamatan yang paling padat di Kabupaten Gresik dan menjadi bagian aglomerasi Gerbangkertosusila," kata Emil.

Selain itu, Emil mengungkapkan rencana-rencana strategis yang tengah dikembangkan pemerintah, termasuk proyek peningkatan jalur kereta api Surabaya-Sidoarjo dengan pendanaan bilateral dari Jerman senilai Rp3,5 triliun.

Proyek ini diharapkan bisa meningkatkan aksesibilitas transportasi antarkota dan memajukan perekonomian lokal.

Mendengar ini, para pedagang tersenyum lebar, mengungkapkan harapan agar harga-harga kebutuhan pokok tetap stabil. Emil pun merespons, menekankan pentingnya penanganan inflasi yang menjadi prioritas pemerintah bersama dengan Bank Indonesia dan lembaga terkait.

"Fluktuasi tidak dapat kita hindari, tapi akan kita redam. Jadi kira-kira begitu, ada rentang harga yang masih bisa dijangkau konsumen, tapi kalau sudah mulai mendekati angka yang menimbulkan perhatian, pasti akan ada langkah-langkah tambahan seperti operasi pasar," katanya.

Teriakan dukungan Khofifah-Emil dalam Pilkada Jatim 2024 spontan menggema dari warga yang antusias dengan kehadiran Emil.

"Pak Emil, lanjutkan terus, kami dukung penuh!" teriak salah seorang pengunjung pasar yang disambut sorak-sorai pedagang lainnya. Emil pun tersenyum, menyapa hangat warga yang berkerumun di sekitar lapak-nya.

Pedagang pasar Menganti tampak optimistis dengan janji-janji ini, mereka berharap kondisi ekonomi semakin membaik dan pasar mereka semakin ramai dengan pembeli.

Kunjungan ke Pasar Menganti ini merupakan bagian dari gerakan sambang pasar yang dilakukan Emil setelah sebelumnya mendatangi Pasar Larangan di Sidoarjo, Pasar Pandaan, dan Pasar Tanjung Anom di Mojokerto.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024