Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menyebutkan bahwa momentum Hari Kesaktian Pancasila dapat semakin memperkuat rasa nasionalisme masyarakat pada bangsa ini.

Penjabat Wali Kota Kediri Zanariah mengungkapkan Hari Kesaktian Pancasila adalah waktu untuk merefleksikan nilai-nilai Pancasila. Dalam kehidupan nilai-nilai Pancasila menjadi pedoman. Momentum ini sekaligus untuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momentum penting. Dalam kehidupan nilai-nilai Pancasila menjadi pedoman. Karena Pancasila ini merupakan pondasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kediri, Selasa.

Pj Wali Kota Kediri berharap Hari Kesaktian Pancasila ini dapat memperkuat kembali semangat nasionalisme. Hal tersebut untuk mencapai cita-cita luhur yang ada di Pancasila.

"Momen ini diharapkan juga mengingatkan generasi penerus akan perjuangan para pahlawan. Yakni untuk membentengi peranan Pancasila sebagai dasar negara serta Ideologi Bangsa," kata dia.

Kegiatan peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu dilakukan dengan upacara di Balai Kota Kediri. Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta dari ASN, TNI, Polri, mahasiswa, pelajar, dan Pramuka.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini mengambil tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas". Pada upacara ini terdapat pembacaan naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila, yang dibacakan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kediri Firdaus.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Polres (Kapolres) Kediri Kota AKBP Bramastyo Priaji, Ketua Pengadilan Negeri Khairul, Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Kediri, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Kediri, ketua organisasi wanita di Kota Kediri serta tamu undangan lainnya.

Sementara itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga dilakukan di seluruh NKRI termasuk pemerintah pusat.

Dikutip dari setkab.go.id, dalam unggahan di akun media sosial pribadi-nya, Presiden Jokowi mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk senantiasa menjaga nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Di samping itu, ia juga menekankan pentingnya mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan kita bahwa nilai-nilai kebangsaan bukan hanya warisan, tapi amanah yang harus terus dijaga. Di tengah tantangan zaman, mari kita renungkan sejauh mana kita telah mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," tulis Presiden di akun X miliknya @Jokowi.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024