Penjabat Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meneladani nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila guna menyongsong Indonesia Emas 2045 bisa tercapai.

Pesan tersebut disampaikan Adhy Karyono usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa, sejalan dengan tema Hari Kesaktian Pancasila tahun ini, yaitu "Bersama Pancasila, Kita Wujudkan Indonesia Emas".

Adhy mengatakan Pancasila merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan menjadi ruh bagi kehidupan bangsa Indonesia. Pancasila juga menjadi pondasi kuat untuk membangkitkan semangat juang dalam menghalau ancaman serta tantangan dalam berbangsa dan bernegara.

"Bagaimana perjuangan kita mempertahankan Pancasila sebagai falsafah negara kita. Di mana rongrongan yang telah kita lalui, menunjukkan Pancasila memang sakti dan pemersatu," kata Adhy.

Hal itu merupakan modal kita untuk mengakselerasi semua proses pembangunan dari seluruh pihak, bagaimana memperkuat Indonesia beriringan dengan tujuan Indonesia Emas 2045.

Menurutnya, di dalam Pancasila terkandung nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan. Jika hal ini kita pahami dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari maka cita-cita Indonesia Emas 2045 akan terwujud dengan baik.

Adhy mengatakan Pemprov Jatim terus mendukung langkah-langkah dalam mewujudkan Indonesia Emas sebagai cita-cita bangsa dengan berbagai upaya.

Untuk itu, tambah Adhy, diperlukan kesungguhan dan kerja keras pemerintah bersama seluruh elemen masyarakat di semua sektor dalam mewujudkannya, baik sektor kamtibmas, ekonomi, pendidikan, maupun sosial dan budaya.

"Dalam hal kamtibmas, kita telah buktikan dengan menjaga situasi kondusif selama perhelatan pemilihan umum (Pemilu), baik Pilpres maupun Pileg 2024, ini berkat kolaborasi dan sinergi yang harmonis semua stakeholder, mulai dari pemerintah, TNI, Polri, KPU, Bawaslu hingga masyarakat," katanya.

Kemudian terkait pertumbuhan ekonomi Jawa Timur, Adhy Karyono menyampaikan bahwa pada triwulan II tahun 2024, ekonomi Jatim tumbuh sebesar 4,98 persen (y-o-y). Angka ini meningkat dibandingkan semester I tahun 2024 yang tumbuh 4,81persen dan merupakan yang tertinggi di Pulau Jawa.

Begitu juga dengan Inflasi, lanjut Adhy, Jatim mampu mengendalikan inflasi dan menjaganya tetap stabil pada kisaran 2,5 (plus minus 1 persen), dengan catatan per-Agustus 2024 inflasi Jatim berada pada target secara nasional, yakni sebesar 2,05 persen.

"Untuk sektor pendidikan, pelajar-pelajar Jatim telah berhasil menjadi juara umum Olimpiade Sains Nasional tingkat SD,SMP, SMA/MA sebanyak empat kali. Pun demikian dengan jumlah siswa Jatim yang diterima jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) tahun 2024," katanya.

Adhy berharap semangat berjuang dan saling menguatkan satu sama lain agar terus ditingkatkan, dengan berpegang teguh terhadap nilai-nilai Pancasila. Hal ini perlu dilakukan demi keberlangsungan pembangunan yang berkelanjutan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Semangat itulah yang harus terus berkobar dalam hati sanubari kita, semoga Jatim selalu menjadi yang terdepan dalam mewujudkan mimpi Indonesia Emas," ujarnya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024