Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Situbondo, Jawa Timur, menumbuhkan dan meningkatkan semangat Pancasila bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) dengan menggelar lomba yel-yel semangat Pancasila pada momentum Hari Kesaktian Pancasila 2024.

Kepala Rutan Kelas II B Situbondo Rudi Kristiawan mengemukakan bahwa kegiatan lomba yel-yel semangat Pancasila ini diikuti ratusan warga binaan pemasyarakatan, baik narapidana laki-laki maupun perempuan.

"Lomba yel-yel pada momentum Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober ini dalam rangka semangat Pancasila dalam memumpuk kebersamaan, gotong royong dan juga memberikan semangat kepada teman-teman warga binaan," katanya kepada wartawan di Situbondo, Selasa.

Selain itu, lanjut Rudi, lomba yel-yel semangat Pancasila ini juga untuk merangsang dan mengajak warga binaan mengeluarkan serta mencetuskan ide-ide kreatifnya dan inovasi semangat persatuan dan kesatuan dari diri mereka masing-masing.

Menurutnya, Pancasila sebagai dasar negara diangkat untuk menegaskan pentingnya nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, dan keadilan sosial.

"Kegiatan lomba yel-yel di rumah tahanan ini juga bertujuan mengingatkan warga binaan akan pentingnya mempertahankan Pancasila dari ideologi yang bertentangan," kata Rudi.

Dari pantauan, ratusan warga binaan pemasyarakatan Rutan Situbondo dibagi menjadi 10 kelompok untuk tampil di depan dewan juri dari perwakilan Persatuan Wartawan Indonesoia (PWI) Situbondo.

Mereka berkreasi melakukan berbagai atraksi semangat Pancasila sembari menggaungkan yel-yel kebersamaan dan semangat gotong royong.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024