Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Pemkot Mojokerto melakukan vaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan dalam rangka memperingati World Rabies Day.

Vaksinasi gratis tersebut akan digelar di UPT Puskeswan yang berlokasi di kantor DKPP Kota Mojokerto, Jalan Suromulang, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon pada 1-4 Oktober 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro Kepala DKP Kota Mojokerto, di Mojokerto, Ahad, menyampaikan vaksinasi gratis ini sebagai salah satu upaya dalam antisipasi agar tidak terjadi kasus rabies di Kota Mojokerto.

"Rabies merupakan penyakit zoonosis yang mematikan dan dapat menular dari hewan ke manusia. Untuk mencegah diperlukan vaksinasi bagi hewan peliharaan yang berpotensi menularkan rabies seperti kucing, anjing, kera dan musang," kata Ali Kuncoro.

Masyarakat Kota Mojokerto dapat memanfaatkan program vaksinasi rabies gratis ini agar hewan peliharaan di rumah terbebas dari rabies agar tidak ada kasus rabies di Kota Mojokerto dan hewan-hewan peliharaan semua sehat terbebas dari berbagai penyakit.

"Silahkan memanfaatkan program vaksinasi rabies ini. Ajak seluruh tetangga dan saudara yang ingin melakukan vaksinasi rabies bagi hewan peliharaannya," kata pria yang akrab disapa Mas Pj ini.

Ia menjelaskan vaksinasi rabies gratis dalam rangka World Rabies Day 2024 UPT Puskeswan telah menyediakan 100 dosis vaksin. Dan agar lebih efisien harus mendaftar terlebih dahulu melalui http://mojoverse.id/temanpuskeswan/.

"Kami batasi satu pemilik hanya dapat membawa dua hewan peliharaan, usia hewan minimal enam bulan, hewan dalam kondisi sehat atau tidak sedang dalam masa pengobatan dan tidak bunting," tuturnya.

Janji Temu dengan Dokter Hewan Puskeswan (Teman Puskeswan) tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk pendaftaran vaksinasi rabies tetapi juga dapat digunakan untuk pemeriksaan hewan ternak dan hewan peliharaan.

Data pemilik hewan dan riwayat penyakit hewan juga dapat terekam, sehingga kesehatan hewan yang ada di Kota Mojokerto lebih mudah terpantau.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024