Calon Wali Malang Heri Cahyono menyatakan siap memberlakukan rapor kinerja bagi para pejabat publik di lingkung Pemerintah Kota (Pemkot) Malang jika nantinya terpilih sebagai wali kota setempat dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Heri Cahyono atau akrab di sapa Sam HC di Kota Malang, Minggu, menyatakan rapor yang diberikan didasari hasil penilaian kinerja oleh masyarakat.

"Insya Allah bertahap, misal wali kota digaji oleh masyarakat karena itu masyarakat harus tahu juga rapornya. Selama ini tidak pernah," kata Sam HC.

Dia menyatakan rapor itu juga menjadi bagian transparansi pemerintah kota setempat kepada masyarakat Kota Malang.

Tak hanya itu, rapor yang didasari penilaian kinerja merupakan upaya pertanggungjawaban terhadap kepercayaan dari masyarakat. 

"Kalau laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) diserahkan ke DPRD saja, tidak dibuka ke publik kan harusnya dibuka. Karena publik yang menggaji," ucapnya.

Pilkada Kota Malang 2024 diikuti tiga pasangan calon, yakni Wahyu Hidayat-Ali Muthohirin nomor urut 1, Heri Cahyono-Ganisa Pratiwi Rumpoko nomor urut 2, dan M Anton-Dimyati Ayatullah nomor urut 3.

Tahapan pemungutan suara Pilkada 2024 berlangsung pada 27 November sedangkan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara dimulai pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024