Ratusan peserta mengikuti kegiatan Festival Anak Sholeh Muhammadiyah (Fashmu) Jatim dengan mengikuti beberapa lomba pada kegiatan tersebut.
 
Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Hasanudin di sela pembukaan, Sabtu mengatakan kegiatan tersebut diikuti hampir seluruh pengurus daerah Muhammadiyah yang ada di masing-masing kabupaten dan kota.
 
"Peserta mengikuti beberapa kategori perlombaan di antaranya Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ), Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ), lomba qiroatil kitab, pemilihan da'i cilik serta lomba kaligrafi Islam dengan usia antara 5 sampai dengan 17 tahun," katanya.
 
Ia mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan pembinaan prestasi para santri.
 
"Tujuan pelaksanaan kegiatan dijadikan tolok ukur keberhasilan dan sunah Rosul," ujarnya.
 
Selain itu, dengan kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkembangkan minat bakat dan keterampilan pada santri.
 
"Selain itu juga menanamkan sikap keberanian kemandirian para santri taman pendidikan Al-Qur'an Muhammadiyah supaya sportif, berprestasi, berkemajuan," ucapnya.
 
Pihaknya mengucapkan tersebut kasih atas terselenggara-nya kegiatan perdana Festival Anak Sholeh Muhammadiyah Jawa Timur ini.
 
"Di antaranya kepada Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang telah menyediakan tempat kegiatan ini," katanya.
 
Salah satu peserta M Khoirul yang ikut lomba MTQ sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan ini. "Saya ikut lomba MTQ," ucapnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024