Masa jabatan Penjabat Bupati Probolinggo Ugas Irwanto diperpanjang hingga pelantikan bupati terpilih hasil pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024.

Penjabat Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyerahkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tentang perpanjangan masa jabatan Penjabat Bupati Probolinggo bersamaan daerah lain di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa.

"Salah satu tugas besar bagi seluruh Pj Bupati adalah mengawal suksesi pelaksanaan pilkada serentak lancar dan sukses pada November mendatang di antaranya adalah memastikan posisi ASN agar tetap netral," kata Ugas Irwanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Kabupaten Probolinggo.

Ia berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo untuk bersama-sama menjaga kondusifitas dalam situasi pilkada dengan cara saling menghormati perbedaan pilihan, tidak saling menjatuhkan dan menghindari ujaran kebencian.

"Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo selama ini dan mari kita sama-sama menjaga situasi Kabupaten Probolinggo yang terkenal santun, silaturahmi yang kuat dan rukun ini tetap terjaga," tuturnya.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono kepada seluruh Pj Bupati yang telah diperpanjang mengatakan agar senantiasa memastikan proses pemerintahan, perencanaan dan penganggaran di daerah masing-masing tetap berjalan lancar.

"Selain itu, tugas utama di tahun politik ini adalah tetap menjaga keamanan dan situasi politik yang kondusif. Kami yakin bapak ibu sekalian mampu melaksanakan itu semua sampai saatnya nanti terpilih kepala daerah masing-masing yang terbaik dan amanah," katanya.

Sesuai SK tersebut, jabatan Ugas Irwanto sebagai Penjabat Bupati Probolinggo diperpanjang hingga pelantikan Bupati Probolinggo terpilih hasil Pilkada 27 Nopember 2024 mendatang, maksimal satu tahun sejak surat diterbitkan.

Sementara Ketua sementara DPRD Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma mengatakan masih banyak pekerjaan rumah dan tugas-tugas yang harus disinergikan bersama.

"Yang paling utama adalah harus bersama-sama menyukseskan pilkada di kabupaten Probolinggo mendatang dan terus berupaya mensejahterakan masyarakat Kabupaten Probolinggo," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024