Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M. Tito Karnavian telah resmi menunjuk kembali Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur Indah Wahyuni sebagai Penjabat (Pj) Bupati Lumajang hingga terpilihnya bupati definitif usai pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat.

Penunjukan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Mendagri Republik Indonesia Nomor 100.2.1.3/3760 Tahun 2024 yang diserahkan oleh Penjabat Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono kepada Indah Wahyuni di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa.

"Saya berharap penjabat yang diperpanjang maupun penjabat sementara menjalankan tugasnya dengan baik, agar pembangunan tetap berjalan, pemerintahan dan pelayanan publik tetap berkualitas," kata Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang.

Ia jug menekankan pentingnya peran penjabat kepala daerah dalam menjaga kesinambungan pembangunan dan pelayanan publik di kabupaten/kota yang dipimpinnya tersebut.

"Arahan Mendagri menekankan agar RAPBD Perubahan harus segera diselesaikan, serta penyusunan RAPBD 2025 harus tuntas. Kerja sama dengan DPRD kabupaten maupun kota sangat penting hingga proses pengesahan anggaran selesai, agar bupati terpilih memiliki anggaran yang memadai," tuturnya.

Selain itu, Pj Gubernur Jatim juga memberikan penekanan kepada penjabat dan penjabat sementara terkait penyelenggaraan pilkada yang aman dan lancar, serta kondusif selama jalannya pesta demokrasi pemilihan gubernur, bupati, maupun wali kota di Jatim.

"Kami mengingatkan para penjabat untuk berkomitmen menjalankan fungsi pemerintahan secara optimal, sehingga setelah pengukuhan diharapkan Pj dan Pjs dapat menjalankan amanahnya dengan baik," katanya.

Indah Wahyuni yang biasa disapa Yuyun itu juga diharapkan dapat menjalin komunikasi yang efektif dengan semua pihak, serta terus memperhatikan kesejahteraan masyarakat Lumajang demi kemajuan daerah yang lebih baik.

Pj Bupati Lumajang itu akan menjalankan tugasnya hingga terpilihnya Bupati Lumajang definitif pada pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024