Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menyiapkan enam tempat pemungutan suara (TPS) di dua lokasi khusus (loksus) yang telah disiapkan saat pelaksanaan tahapan pemungutan suara Pilkada 2024.

Ketua KPU Kota Malang M Toyyib di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa menyatakan bahwa dua lokasi untuk TPS loksus itu ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Lowokwaru dan Lapas Perempuan Kelas II A Malang.

"Di dua lapas itu total ada enam TPS, terdiri dari satu TPS di Lapas Perempuan dan lima di Lapas Lowokwaru," kata Toyyib.

Toyyib menyebut bahwa enam TPS itu termasuk jumlah keseluruhan lokasi pemungutan suara yang disiapkan sebanyak 1.188 lokasi dan tersebar di 57 kelurahan, pada lima kecamatan se-Kota Malang.

Sedangkan untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di lapas, Toyyib menyatakan hal itu masih dalam penghitungan.

"Jumlah calon pemilih di lapas belum selesai, jadi yang di loksus masih proses penghitungan," ujarnya.

KPU Kota Malang mencatat jumlah total DPT pada Pilkada 2024 di wilayah tersebut sebanyak 660.774 jiwa, terdiri dari 323.167 pria dan 337.577 wanita.

Angka itu lebih besar ketimbang saat perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden dengan total 651.758 jiwa atau naik 9.016 jiwa.

Oleh karena itu, kata dia, ada potensi penambahan DPT untuk Pilkada 2024 yang masuk dari pemilih di dua lapas tersebut.

"Jadi mungkin ada potensi pertambahan pemilih, karena biasanya ada perpindahan penghuni lapas itu dan kadang-kadang ada tambahan jadi dinamis," kata dia.

Selain itu, Toyyib menambahkan, pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang untuk melakukan perekaman kartu tanda penduduk (KTP) elektronik bagi pelajar yang akan menjadi pemilih pemula di Pilkada 2024. 

"Tantangannya sekarang yaitu pemilih pemula yang belum memiliki KTP elektronik, kalau sudah melakukan perekaman setidaknya sudah masuk datanya," ujar Toyyib.

Pilkada Kota Malang diikuti tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, yakni nomor urut 1 Wahyu Hidayat-Ali Muthohirin, nomor urut 2 Heri Cahyono-Ganisa Pratiwi Rumpoko, dan M. Anton-Dimyati Ayatullah nomor urut 3.

Masa kampanye Pilkada 2024 berlangsung mulai 25 September hingga 23 November 2024, sementara tahapan pemungutan suara berlangsung pada 27 November dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024