Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan menetapkan GOR Lamongan atau Sport Center Lamongan, Jawa Timur sebagai lokasi pengumuman penetapan calon kepala daerah yang akan dilaksanakan pada 22 September untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Hasil koordinasi kami dengan beberapa stakeholder, akhirnya kami sepakat memilih Sport Center Lamongan (SCL) sebagai tempat untuk tahapan penetapan calon Pilkada 2024," ujar Ketua KPU Lamongan Makhrus Ali, di Lamongan, Jumat.

Dipilihnya tempat tersebut karena dinilai representatif dari segi pola pengamanan yang akan diterapkan oleh Polres dan Kodim 0812 Lamongan. Selain itu, luas area yang lengkap dengan fasilitas halaman dan area parkir yang luas juga menunjang kelancaran tahapan penetapan calon. 

"Tentunya tempatnya sangat mendukung. Dari segi pengamanannya sesuai dengan keinginan Polres dan Kodim 0812 Lamongan yang rencananya akan ada penerapan keamanan dengan pola berlapis," terangnya.

Makhrus merinci, pada pelaksanaan tahapan tersebut, untuk area akses juga terbagi menjadi dua. Ada yang memiliki akses di dalam SCL dan di halaman gedung.

"Semua telah kami siapkan, baik untuk yang nanti memiliki akses masuk ke dalam dan yang hanya bisa sampai di halaman. Semua kami beri dengan ID card," jelas Makhrus. 

Dia menambahkan, pihaknya juga telah sepakat, bahwa pada proses penetapan calon nanti ada batasan untuk jumlah kehadiran pendukung untuk masing-masing bakal pasangan calon yang hanya boleh boleh dihadiri dengan jumlah pendukung sebanyak 100-150 orang. 

"Kami minta kepada seluruh peserta pemilu agar menaati semua hal yang telah disepakati bersama demi kelancaran dari setiap tahapan pemilu dan menjaga semuanya dalam keadaan damai," katanya.

Pada Pilkada Lamongan tahun 2024 akan diikuti oleh dua bakal pasangan calon, yakni Yuhronur Efendi-Dirham Akbar Aksara yang diusung dan didukung oleh 15 partai politik dan Abdul Ghofur-Sosa yang diusung tiga partai politik.

Pewarta: Alimun Khakim

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024