PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya menghadirkan fasilitas Kereta Sehat atau Rail Clinic di Stasiun Ngebruk, Kabupaten Malang, Jawa Timur sebagai bagian pelaksanaan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), Rabu.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif di Kabupaten Malang, menyebut layanan itu dibuka secara umum untuk masyarakat yang tinggal di sekitaran area Stasiun Ngebruk.

"Rail Clinic atau Kereta Sehat memberikan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama, ini dalam rangka tanggung jawab sosial dan lingkungan dari kami," kata Luqman.

Adapun pelayanan tingkat pertama itu meliputi pemeriksaan gigi, kesehatan mata, cek laboratorium, serta penyuluhan kesehatan. Total ada 22 petugas kesehatan dari Daop 8 yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

"Itu terdiri dari tiga dokter umum, dua dokter gigi, satu bidan, dua apoteker, dan 14 paramedis," ujarnya.

Selain layanan kesehatan, PT KAI Daop 8 juga menghadirkan layanan Kereta Perpustakaan atau Rail Library yang dilengkapi ratusan buku bacaan sebagai fasilitas edukasi bagi para pelajar sekolah dasar.

"Di Rail Library kami menyediakan ratusan buku bacaan dan di situ kami lengkapi dengan fasilitas perpustakaan elektronik berupa layar monitor sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukasi yang terhubung dengan internet," ucap dia.

Dua pelayanan itu sudah dibuka pada pukul 08.00 WIB, PT KAI Daop 8 juga memberikan paket gizi sehat kepada para pelajar dari beberapa sekolah dasar yang datang memanfaatkan layanan Kereta Perpustakaan.

Selain itu, masyarakat dan pelajar mendapatkan penyuluhan terkait sosialisasi keselamatan dan keamanan oleh Polsuska Daop 8 Surabaya.

"Kami berharap  pada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan Stasiun atau rel kereta api bersama-sama menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset yang menjadi milik PT KAI," kata Luqman.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024