Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur meraih Anugerah Pandu Negeri 2024 dari Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) dengan kategori "gold" karena dinilai berhasil sebagai pemerintah daerah dengan kinerja dan governansi sangat memuaskan.

"Prestasi itu tidak lepas dari dukungan seluruh staf terutama pimpinan perangkat daerah di Kabupaten Lumajang, mudah-mudahan bisa meningkatkan kinerja terutama dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat," kata Penjabat Bupati Lumajang Indah Wahyuni usai menerima Anugerah Pandu Negeri 2024 di Jakarta, Kamis.

Anugerah Pandu Negeri yang diraih oleh Kabupaten Lumajang tersebut merupakan apresiasi berdasarkan hasil penilaian praktik governansi terbaik dari 548 pemerintah daerah di Indonesia.

Pada tahun 2024, Anugerah Pandu Negeri 2024 mengambil tema "Governansi dan Inovasi Daerah untuk Indonesia Unggul dan Berdaya Saing"dan kegiatan itu bertujuan untuk mendorong pencapaian governansi dan inovasi terbaik dari daerah demi mendorong daya saing daerah yang berkelanjutan.

"Kriteria penghargaan itu dinilai dari berbagai aspek diantara nya tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan dan program anti korupsi. Kami harus bisa meningkatkan gerakan anti korupsi di dalam tata kelola pemerintahan itu yang utama," tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa anugerah itu juga menjadi bentuk nyata pelaksanaan peran IIPG sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendukung reformasi governansi sektor publik agar mampu mencapai kinerja terbaik dengan mempertahankan sinergi dan harmonisasi multi-sektor.

"Menpan RB Pak Anas juga berpesan bahwa kami juga dituntut untuk bisa mengintegrasikan semua aplikasi yang ada di Lumajang untuk mempermudah dalam memberikan layanan dan menggerakkan roda pemerintahan, sehingga PR untuk bisa mengintegrasikan digitalisasi yang ada di Pemkab Lumajang," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024