Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang I Made Riandiana Kartika optimistis pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Heri Cahyono atau Sam HC-Ganis Rumpoko mampu memenangkan Pilkada 2024 karena berkoalisi bersama rakyat.

"Kami tidak merasa sendirian, kami merasa ada dukungan penuh dari masyarakat Kota Malang, ada Bung Karno bersama kami dan ada Tuhan yang membersamai kami," kata Made di kantor KPU Kota Malang, Kamis.

Made menyatakan kemenangan di Pilkada 2024 paling besar adalah ditentukan oleh kekuatan pilihan rakyat, bukan sekadar kekuatan jumlah partai pengusung.

Lanjutnya, sekalipun tak diusung beragam warna partai Sam HC-Ganis diyakininya tetap mampu memenangkan hati warga Kota Malang.

"Secara aturan, sebelum PKPU terbaru turun hanya kami yang mampu sendiri dan kami memang terbiasa bermain di last minute," ucapnya.

Made juga menyatakan koalisi dengan banyak partai tidak serta merta menghadirkan keuntungan bagi pasangan bakal calon yang diusung.

Justru, kata dia, bersama rakyat merupakan pilihan terbaik untuk mengarungi kontestasi politik.

"Koalisi besar itu banyak plus minus-nya," kata anggota DPRD Kota Malang periode 2024-2029 ini.

Dia kembali menyatakan bahwa Sam HC-Ganis akan memenangkan kursi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang.

"Target suara sebanyak-banyaknya, satu hal lagi kami pasti menang," ucapnya.

Pada Pilkada 2024 pasangan Heri Cahyono atau Sam HC-Ganis Rumpoko hanya diusung oleh PDI Perjuangan.

Kekuatan mesin partai politik pasangan yang diusung PDI Perjuangan berbanding terbalik dengan dua pesaing, misalnya Wahyu Hidayat-Ali Muthohirin yang diusung koalisi gemuk dengan total 10 partai, yakni Gerindra, Golkar, PKS, NasDem, dan PSI.

Kemudian ada PPP, Perindo, Garuda, PBB, dan Partai Buruh.

Sedangkan, partai pengusung pasangan Mochammad Anton-Dimyati Ayatullah diusung tiga partai politik, yakni PKB, PAN, dan Demokrat.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024