KPU Lumajang, Jawa Timur, menerima pasangan bakal calon Bupati dan Wakil bupati Lumajang Indah Amperawati-Yudha Adji Kusuma (Bunda Indah-Yudha) yang resmi mendaftar sebagai calon kepala daerah dengan dukungan 11 partai politik (parpol) parlemen dan non-parlemen pada hari kedua pendaftaran, Rabu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pasangan Bunda Indah-Yudha atas kerja sama yang baik dan aktif melakukan komunikasi dengan penyelenggara pemilu, sehingga pendaftaran bisa berjalan dengan baik," kata Ketua KPU Lumajang Henariza Febriadmadja di Kantor KPU setempat.

Pasangan Indah-Yudha tersebut didukung oleh 11 parpol dengan rincian enam parpol yang memiliki kursi di DPRD Lumajang yakni Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, NasDem, PKS, dan Partai Demokrat, sedangkan lima parpol yang tidak memiliki kursi di DPRD Lumajang yakni PBB, Partai Gelora, Perindo, Partai Buruh, dan Partai Garuda.

"Kami akan melakukan pemeriksaan berkas kelengkapan pasangan bakal cabup-cawabup Indah-Yudha sesuai dengan ketentuan, kemudian dilakukan proses verifikasi sebagai syarat penetapan cabup-cawabup Lumajang," tuturnya.

Sementara bakal cabup Indah dalam konferensi persnya mengatakan bahwa dirinya bersama Yudha mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang ikut serta mengantarkan dalam proses pendaftaran pilkada ke KPU Lumajang.

"Kami berkomitmen akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Lumajang. Kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lumajang untuk menghadapi pilkada ini dengan suka cita dan damai," katanya.

Ia mengatakan target untuk perolehan suara dengan dukungan parpol yang solid diprediksi bisa mencapai 68 persen di Pilkada Lumajang 2024, sehingga diharapkan sama dengan perolehan suara Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

"Untuk mendapatkan perolehan suara 68 persen, kami bersama partai koalisi akan bergerak dengan visi dan misi yang sama. Saya pikir sudah satu tujuan, sehingga parpol dan relawan akan bergerak," ujarnya.

Pasangan Indah-Yudha tersebut tercatat sebagai pendaftar pertama di KPU Lumajang yang mengawali start dari Posko Induk di Malanan – Tompokersan yang diantar oleh ribuan kader, simpatisan, serta masyarakat.

Dengan berjalan kaki, pasangan bakal cabup-cawabup Lumajang itu menuju ke Kantor KPU Lumajang dengan diiringi oleh kesenian rakyat seperti Reog, tari topeng Kaliwungu, dan kesenian tradisional lainnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024