Pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak telah mengantongi 14 dukungan partai politik (Parpol) jelang mendaftar ke KPU Jatim.

“Ini menjadi bagian dari penguatan kelengkapan administrasi dan Insya Allah besok kami akan mendaftar ke KPU Jatim. Terima kasih lima partai non parlemen yang hari ini memberikan mandat kepada kami,” kata Khofifah di Surabaya, Jawa Timur, Selasa.

Sebelumnya pasangan ini telah memiliki dukungan dari sembilan partai di parlemen dan kini bertambah ada lima partai politik non parlemen yang turut bergabung.

Lima partai non parlemen ini meliputi Partai Gelora, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), dan Partai Garuda yang menyerahkan SK B1 KWK pada Khofifah hari ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Emil Dardak yang menyatakan bahwa tambahan dukungan lima partai tersebut akan menyuntik motivasi Khofifah-Emil untuk memenangkan Pilgub dan membangun Jawa Timur bersama-sama.

“Kami merasa bersyukur dan bahagia rangkaian partai politik hari ini memberikan dukungan pada kami. Yang artinya ada kesamaan semangat membangun Jatim secara holistik,” ujar Emil.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Gelora Jatim M Sirodj menuturkan dukungan itu didasarkan dari komitmen Khofifah kepada kesejahteraan masyarakat Jatim. 

Menurutnya, Khofifah berhasil menunjukkan leadership yang luar biasa dengan meneruskan yang sudah ada dan memperbaiki yang ada sebelumnya sehingga secara ekonomi Jatim melaju tinggi.

“Kami ingin menjadi bagian yang ikut berjuang memenangkan Beliau dan terlibat dalam pembangunan Jatim. Komitmen kami dalam memenangkan Ibu Khofifah melalui menggerakkan struktur dan kader di seluruh Jatim,” kata Sirodj.

Ketua Exco Partai Buruh Jatim Jazuli menambahkan, pasangan ini telah terbukti dalam memimpin termasuk membuat kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada kelompok buruh.

Misalnya, Khofifah pernah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) melebihi ketentuan di dalam Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker).

“Bu Khofifah dan Pak Emil sangat layak untuk kita pilih kembali. Beliau berdua telah menunjukkan keberpihakan kepada buruh,” kata Jazuli.

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, pasangan Khofifah-Emil akan mendaftar ke KPU Jatim pada hari Rabu (28/8/2024). Pendaftaran Khofifah-Emil ke KPU akan diramaikan dengan kawalan Kirab Budaya.

Pewarta: Faizal Falakki

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024