Sebanyak 30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Madiun terpilih periode 2024-2029 resmi dilantik melalui Sidang Paripurna di gedung DPRD setempat yang digelar Senin.

Dengan didampingi rohaniawan, ke-30 anggota dewan terpilih itu dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri setempat.

"Terima kasih telah memberikan kepercayaan dan amanah kepada kami sebagai representasi masyarakat Kota Madiun. Insya Allah kami berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan tugas, fungsi, dan wewenang anggota DPRD," ujar Pimpinan Sementara DPRD Kota Madiun, Armaya di Madiun.

Menurutnya, pelantikan anggota DPRD periode 2024-2029 tak lepas dari harapan seluruh warga Kota Madiun yang telah berpartisipasi dalam Pemilu 2024. 

Dia yakin dengan komunikasi yang baik, maka akan mampu mengoptimalkan kinerja lembaga legislatif Kota Madiun dalam mengawal dan mengawasi kebijakan dari pemerintah daerah setempat.

Adapun, komposisi 30 anggota legislatif Kota Madiun periode 2024-2029 itu terdiri dari 13 orang anggota baru dan 17 orang "wajah lama". Sehingga, separuh lebih anggota terdiri dari orang-orang yang sudah berpengalaman sebagai wakil rakyat. 

"Ini menjadi awal pengabdian para anggota DPRD. Khususnya bagi 13 anggota yang baru untuk segera menyesuaikan diri, karena masih ada banyak pekerjaan rumah yang harus segera dikerjakan dan diselesaikan untuk Kota Madiun," katanya.

Pj Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto mengucapkan selamat bertugas kepada 30 anggota DPRD Kota Madiun yang telah dilantik.

"Alhamdulillah pada hari ini telah dilaksanakan rapat paripurna pengucapan sumpah janji anggota DPRD periode 2024-2029. Kami atas nama pemerintah daerah dan masyarakat mengucapkan selamat kepada yang baru dilantik," kata Pj Wali Kota Madiun Eddy. 

Pihaknya optimistis sinergisitas antara Pemkot dengan DPRD Kota Madiun akan menjadi komponen yang baik dalam membangun Kota Madiun.

"Sinergisitas dan kolaborasi dalam pembangunan dan mensejahterakan masyarakat tentunya akan terus kita tingkatkan ke depan. Anggota DPRD dengan tupoksinya masing-masing pastinya akan selalu tancap gas," katanya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian dan dedikasi anggota DPRD periode 2019-2024.

Seperti diketahui, ada banyak prestasi yang berhasil diraih Kota Madiun dalam periode tersebut, yang tentunya tak terlepas dari peran wakil rakyat. 

"Sekali lagi kami atas nama pemerintah daerah dan masyarakat mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang luar biasa, pengabdian yang luar biasa yang telah menjadikan Kota Madiun semakin maju semakin sejahtera," katanya.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024