Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menggelar kegiatan pasar murah untuk warga setempat yang menyediakan sejumlah bahan pokok dengan harga terjangkau.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magetan Sucipto di Magetan, Jumat, mengatakan pasar murah tersebut digelar dalam rangka peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI sekaligus sebagai upaya menjaga kestabilan harga bahan pangan.

"Kegiatan ini untuk menjaga stabilisasi harga bahan pangan sekaligus untuk memperingati HUT ke 79 Republik Indonesia," ujarnya.

Terdapat berbagai komoditas yang dijual dalam kegiatan pasar murah tersebut. Semuanya dijual dengan harga lebih rendah dari pasaran karena telah disubsidi oleh Pemkab Magetan.

Dalam kesempatan itu, Disperindag Magetan bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan, Dinkop, Disnakan, PKK, GOW, Dinas TPHP, Dinas LHKP, dan Program Studi Luar Kampus Utama Unesa di Magetan.

Sejumlah komoditas yang disediakan dalam pasar murah tersebut antara lain, beras, telur ayam ras, minyak goreng, dan gula pasir.

Selain itu juga ada daging sapi, daging ayam, susu segar, abon ayam, produk olahan ikan, ikan lele, ikan nila, susu kaleng, bumbu dapur dan mi instan.

Salah satu warga setempat yang ikut kegiatan pasar murah, Mbah Harjati mengaku sangat terbantu dengan kegiatan pangan murah tersebut.

"Harganya lebih murah dari pasar. Jadi lebih terjangkau untuk masyarakat menengah ke bawah," kata warga Kelurahan Maospati Magetan tersebut.

Disperindag Magetan terus berupaya menjaga kestabilan harga pangan agar tidak memberatkan warga. Di antaranya dengan rutin menggelar pasar murah, pemantauan harga di pasar tradisional.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024