Kepolisian Resor (Polres) Situbondo, Jawa Timur, meningkatkan kegiatan patroli dengan skala besar menjelang tahapan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati pada 27-29 Agustus 2024.

Kapolres Situbondo AKBP Rezi Dharmawan di Situbondo, Rabu, menjelaskan bahwa patroli dalam rangka Operasi Mantap Praja Semeru 2024 ini bertujuan menekan munculnya potensi gangguan kemanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan memastikan di wilayah itu aman kondusif selama tahapan pilkada.

"Selama tahapan Pilkada Serentak 2024 kami terus berupaya untuk menjaga kondusifitas kamtibmas dan memberikan rasa aman, nyaman kepada masyarakat," katanya.

Tidak hanya itu, lanjut Kapolres Rezi, personel kepolisian setempat juga melaksanakan cooling system dengan mengajak masyarakat berpartisipasi dan turut serta menjaga keamanan selama tahapan pilkada.



Kapolres Situbondo mengungkapkan peningkatan patroli ini dilakukan oleh jajarannya bukan hanya mencegah terjadinya tindak kejahatan dan memantau situasi kamtibmas, tetapi juga menyampaikan imbauan kamtibmas terkait pemilihan kepala daerah kepada masyarakat.

"Upaya-upaya pencegahan terus kami lakukan agar masyarakat tidak terpengaruh berita hoaks dan masyarakat diimbau menyaring setiap informasi yang beredar khususnya dari media sosial," kata Kapolres.

Kapolres juga mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya terhadap informasi yang belum jelas kebenarannya dan bijak menggunakan media sosial

Sasaran patroli adalah gangguan kamtibmas dan kriminalitas termasuk membawa senjata tajam atau barang-barang yang melanggar hukum serta pengendara sepeda motor yang terlibat balap liar.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024