Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang menggelar Training of Trainer (ToT) agen literasi keuangan bagi istri kepala desa dalam rangka Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (Gencarkan) serta Hari Indonesia Menabung di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Selasa.

Kegiatan itu diikuti 330 Ketua Tim Penggerak PKK desa dan kelurahan se-Kabupaten Probolinggo dengan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK kecamatan se-kabupaten setempat, serta menampilkan produk-produk UMKM yang ada di masing-masing kecamatan.

"Akses keuangan telah menjadi isu global, bukti empiris menunjukkan bahwa perluasan akses keuangan, khususnya akses pembiayaan yang lebih mudah dan terjangkau dapat mendorong penurunan tingkat kemiskinan dan mempersempit jurang ketimpangan," kata Penjabat Sekda Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto saat memberikan sambutan dalam kegiatan itu.

Menurutnya, penguatan sektor keuangan untuk mendorong perluasan akses keuangan bagi masyarakat menjadi hal yang sangat penting dan perlu mendapatkan prioritas.

"Saya berharap ada peningkatan literasi dan inklusi keuangan sehingga masyarakat terutama para pelaku UMKM dapat memahami dengan mudah, dapat mengakses berbagai macam produk dari lembaga jasa keuangan yang ada," tuturnya.

Heri juga berharap kegiatan itu bisa memberikan pemahaman kepada istri kepala desa tentang pentingnya jasa keuangan dalam tata perekonomian di Indonesia dan masyarakat tidak lagi tertipu atau ditipu oleh yang menawarkan jasa keuangan yang tidak benar.

Sementara Kepala OJK Malang Biger Adzanna Maghribi mengatakan peran ibu-ibu di rumah berkaitan dengan tata kelola industri jasa keuangan cukup penting diharapkan masyarakat juga bijak dalam mengelola keuangan.

"Kami ingin memberikan gambaran bagaimana cara membedakan yang legal dan ilegal, sehingga diharapkan istri kepala desa yang hadir bisa menyampaikan kepada keluarga dan rekannya karena ada yang namanya investasi ilegal yang perlu diwaspadai, " katanya.

Kegiatan yang digelar di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo itu dihadiri oleh Penjabat Sekda Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, Kepala OJK Malang Biger Adzanna Maghribi, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj Rita Erik Ugas Irwanto, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Probolinggo Whestia Heri Sulistyanto serta ketua organisasi wanita instansi vertikal.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024