Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep mengajak para jurnalis di wilayah setempat untuk bersama-sama mewujudkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 yang berintegritas.

"Bawaslu memberikan ruang yang besar bagi masyarakat, termasuk kawan-kawan jurnalis, untuk ikut mengawal dan menjadikan Pilkada berkualitas dan berintegritas," kata Ketua Bawaslu Sumenep Achmad Zubaidi di Sumenep, Jawa Timur, Minggu.

Dalam kesempatan itu, Bawaslu Kabupaten Sumenep menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Peluncuran Pemetaan Kerawanan Pemilihan Tahun 2024 bersama awak media di aula salah satu di Kecamatan Kota.

Ia menjelaskan, kemitraan dengan kalangan jurnalis dalam rangka mencegah dan menangkal potensi terjadinya pelanggaran saat pelaksanaan Pilkada.

Bawaslu Sumenep pun berharap semua elemen masyarakat, termasuk wartawan, untuk bersinergi mewujudkan Pilkada berkualitas dan berintegritas.

"Bersinergi merupakan hal yang strategis bagi kami dan kemitraan dengan kawan-kawan wartawan memiliki nilai plus untuk memasifkan tugas-tugas kepengawasan ke publik," kata Zubaidi.

Dalam kesempatan itu, Bawaslu Sumenep juga menyampaikan hasil pemetaan potensi kerawanan selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Saat ini, Pilkada Serentak 2024 memasuki tahapan pendataan calon pemilih. Sementara pilkada akan dilaksanakan pada 27 November. 

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024