Perusahaan asuransi Generali Indonesia bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar donor darah serempak di 16 kota sebagai bagian dari rangkaian ulang tahun ke-16 perusahaan tersebut.

Direktur dan Chief Operation Officer Generali Indonesia Jutany Japit menyebutkan 16 kota tersebut di antaranya adalah Jakarta, Tangerang, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Jayapura, Pekanbaru, Palembang, Medan, Malang, dan Cirebon.

"Kami bersyukur sudah 16 tahun Generali Indonesia hadir melindungi hingga lebih dari 400.000 nasabah. Wujud syukur ini dilakukan melalui kegiatan donor darah," katanya di Surabaya, Sabtu.

Menurut data Kementerian Kesehatan RI, ketersediaan darah untuk donor secara ideal adalah 2,5 persen dari jumlah penduduk sehingga Indonesia membutuhkan darah sebanyak 4,9 juta kantong darah dengan setiap satu kantong darah dapat menyelamatkan tiga nyawa. 

Mendonorkan darah sendiri memiliki berbagai manfaat seperti menurunkan risiko penyakit kanker, membantu menurunkan berat badan, mendeteksi penyakit serius, mengurangi penumpukan besi dan mineral dalam darah, menjaga kesehatan mental, dan meningkatkan produksi eritrosit baru.

Jutany pun berterima kasih kepada seluruh pihak yang turut bergabung dalam kegiatan donor darah karena telah membantu menyelamatkan nyawa sesama terutama terhadap yang membutuhkan darah.

"Semoga kegiatan ini bisa membantu PMI dalam menyediakan kantong darah secara nasional dan membantu menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan," katanya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024