Puluhan petugas Linmas mengarak bendera merah putih berukuran raksasa di jalanan Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 tahun Republik Indonesia, Sabtu.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Kopral Satu Aris Mardianto menyatakan petugas Linmas yang terlibat pada acara tersebut mencapai 69 orang dengan rute tempuh mulai dari Jalan Kyai Parseh Jaya hingga ke Lapangan Ciper.

"Untuk ukuran panjang benderanya kami tambah setiap tahun sesuai kemerdekaan bangsa Indonesia," kata Aris.

Aris menyebutkan bendera merah putih yang dibawa memiliki panjang 79 meter dan lebar tiga meter dengan makna yakni tiga meter merupakan cermin keberadaan TNI, Polri, dan pemerintah daerah atau tiga pilar sedangkan 79 meter adalah usia Indonesia.

Aris menuturkan arak-arakan bendera merupakan upaya memperkuat nasionalisme dan patriotisme masyarakat khususnya di wilayah Kota Malang.

"Kami berharap warga semakin memiliki nasionalisme dan patriotisme," ujarnya.

Arak-arakan bendera merah putih di momen kemerdekaan juga dibarengi dengan gelaran pertunjukan seni yang mampu menarik daya pikat masyarakat dengan langsung datang menyaksikan kegiatan tersebut.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Astrid Faidlatul Habibah


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024