Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri Zanariah mengukuhkan 70 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kota Kediri tahun 2024, yang akan bertugas saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2024.

Pj Wali Kota mengemukakan, latihan yang dijalani oleh paskibraka selama ini bukan sekadar persiapan untuk mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI. Tetapi juga menjadi proses pembentukan karakter.

"Anggota paskibraka telah belajar tentang kedisiplinan, kerja sama tim, kepemimpinan, dan tanggung jawab. Nilai-nilai inilah yang akan sangat berguna bagi masa depan," katanya di Kediri, Kamis.

Baca juga: Dinkes dan Kemenag bekali "Poskestren" di LDII Kediri

Ia menambahkan, tema HUT RI tahun 2024 ini adalah "Nusantara Baru Indonesia Maju", yang memiliki makna yang sangat dalam. Generasi muda adalah pilar utama dalam membangun nusantara baru yang lebih maju.

"Mereka adalah harapan bangsa ini oleh karena itu manfaatkan kesempatan yang ada untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Jadilah generasi yang inovatif, kreatif, dan berdaya saing. Dengan begitu kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan bangsa tetap dapat terjaga hingga generasi berikutnya," kata dia.

Zanariah juga mengucapkan selamat kepada seluruh Paskibraka 2024 yang telah dikukuhkan. Hal ini adalah pengalaman terbaik yang tentunya tidak bisa terlupakan.

"Sudah menyatakan ikrar dan juga sudah disematkan kendit artinya resmi menjadi Paskibraka Kota Kediri tahun 2024. Selamat atas keberhasilannya melalui berbagai proses, semoga pengalaman ini menjadi hal yang membanggakan dan tak terlupakan bagi kalian semua. Terima kasih untuk para pembina dan pelatih yang sudah bekerja keras," ujarnya.

Zanariah juga berpesan menjelang hari pengibaran anggota paskibraka harus menjaga kesehatan, asupan gizi, dan yang paling penting meminta restu orang tua. Jadilah duta terbaik Kota Kediri. Kibarkan bendera Merah Putih dengan penuh semangat.

"Saya doakan semoga semuanya nanti bisa berjalan dengan lancar. Mulai upacara pengibaran hingga penurunan bendera merah putih," pesannya.

Turut hadir dalam pengukuhan di Balai Kota Kediri tersebut, yakni Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol Inf Aris Setiawan, Kapolres Kediri Kota AKBP Bramastyo Priaji, sejumlah pejabat setempat, seperti Sekretaris Daerah Kota Bagus Alit, Perwakilan Kejaksaan Negeri, Asisten Pemerintahan dan Kesra Mandung Sulaksono, Asisten Administrasi Umum Pemkot Tanto Wijohari, Kepala OPD, dan tamu undangan lainnya.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024