Bakal Calon Wakil Bupati Lamongan, Dirham Akbar Aksara optimistis surat rekomendasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal berlabuh ke tangan pasanganya, yakni Yuhronur Efendi. 

"Sampai saat ini, secara keseluruhan kami sudah mendapat dukungan dari 18 kursi legislatif yang ada di Lamongan. Minggu depan kami akan menerima rekomendasi dari PDI Perjuangan," ujar Dirham Akbar, di Lamongan, Rabu.

Dirham menyatakan siap mendampingi petahana dalam kontestasi pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) 2024 yang sebentar lagi akan memasuki tahapan pendaftaran calon.

Ia merinci, partai yang saat ini sudah memberikan dukungan ke dirinya dan Pak Yes, sapaan akrab Yuhronur, antara lain, Partai Gerindra (6 kursi), Golkar (8 kursi), Umat (1 kursi), Perindo (1 kursi) dan PPP (2 kursi). Sementara PDIP yang akan menyusul memiliki jumlah (7 kursi) di DPRD Lamongan.

"Melihat dari dukungan kursi yang kami dapat, semakin mantap karena sudah memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati ke KPU Lamongan yang akan dibuka pada 27 Agustus nanti," katanya.

Disinggung pergolakan politik nasional yang membuat mundurnya posisi Airlangga Hartarto dari kursi Ketua Umum Partai Golkar, Dirham dengan tegas menjawab jika peristiwa itu tak mempengaruhi proses politik yang telah dilaluinya bersama Pak Yes.

"Saya pikir keabsahan Surat Keputusan dari DPP Golkar yang diberikan kepada kami pada bulan Juli lalu tetap sah," katanya.

Ketua DPC PDIP Lamongan Husen saat dikonfirmasi terpisah menyatakan bahwa hari ini DPP PDIP mengumumkan bakal calon kepala daerah dan wakil  yang akan diusungnya secara simbolis di Jakarta.

"Hari ini DPP PDIP telah menyerahkan rekom bacalon pilkada 2024 serentak 305 daerah secara simbolis. Mudah - mudahan termasuk Kabupaten Lamongan," katanya.

Namun, hingga berita ini dikirim, Husen belum memberikan salinan pengumuman tersebut. "Kami masih belum mendapat salinan mas,"katanya.

Ia menjelaskan partainya telah menjalankan mekanisme sesuai dengan instruksi DPP untuk melakukan penjaringan internal hingga kemudian diusulkan ke DPD. Bulan Agustus ini, keputusan DPP dipastikan sudah final untuk rekomendasi kepada pasangan calon yang akan diusungnya pada pilkada 2024 Kabupaten Lamongan.(*)

Pewarta: Ali Khakim

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024