Start your engine, perintah lantang dari pemandu wisata itu menandakan dimulainya penjelajahan singkat membelah lereng Gunung Arjuna tepatnya di dalam wisata The Grand Taman Safari Prigen, Pasuruan.

Baru-baru ini, The Grand Taman Safari Prigen membuka satu wisata baru lagi yaitu berpetualang di lereng gunung menggunakan kendaraan segala medan atau all-terrain vehicle (ATV).

Wisatawan yang telah mendapatkan penjelasan singkat kemudian diarahkan untuk mengenakan alat pelindung diri, seperti helm dan juga sepatu boot. Peralatan itu wajib dikenakan selama kegiatan berlangsung.

Jangan khawatir barang-barang bawaan akan hilang, karena sudah disediakan tempat penitipan barang berupa loker. Jangan lupa untuk membawa baju ganti, karena ada satu spot yang mengharuskan pengendara ATV tersebut melewati air terjun buatan. Dan tentunya, basah.

Bagi mereka yang kurang jago saat menggunakan ATV, tidak perlu risau karena ATV yang digunakan memiliki kapasitas silinder (CC) 200 sehingga cukup mumpuni jika digunakan untuk tandem bersama pasangan atau anak.

Sejak berangkat dari titik poin pertama, wisatawan disuguhkan jalan terjal berbatu. Kontur tanah yang miring, dengan sedikit tanah membuat sensasi tambah seru. Belum lagi, suasana alam yang masih asri membuat rekreasi ini memiliki kesan tersendiri.

Setelah melewati jalan terjal, akan dilewatkan trayek menantang seperti tanjakan curam dengan kemiringan mencapai 45 derajat. Belum sampai rasa takut ini hilang, bertemu dengan jembatan yang ukurannya pas dengan lebar ATV.

Pengendara akan berputar-putar melewati vegetasi rendah sambil memandang puncak Gunung Welirang dan Puncak Gunung Arjuna. Ada beberapa spot yang sengaja disediakan oleh pengelola untuk berswafoto dengan latar belakang pemandangan alam pegunungan.

Separo perjalanan, wisatawan akan diarahkan masuk ke dalam wisata Australiana yang berisi dengan satwa asal negeri Kanguru tersebut. Di tempat ini, bisa menikmati santap makan dan minum yang sudah dipesan ketika masuk di registrasi pertama.

Setelah kenyang, baru kemudian melanjutkan perjalanan. Selain muter-muter di area pertanian pakan satwa milik Taman Safari Prigen, juga diarahkan ke jalur yang lebih menantang.

Kali ini, tidak hanya tanjakan, tetapi juga turunan yang cukup curam. Bergantian melewati turunan tajam membuat sedikit jantung berdebar. Karena kalau lepas rem sedikit saja, sudah disambut tepian jurang.

Jangan ragu, ada pemandu yang siap siaga jika ada wisatawan yang kesulitan mengendarai ATV nya.

"Minimal tidak takut jalan bebatuan bisa menikmati kegiatan ini," kata Agus salah satu wisatawan.

Di trek ini, wisatawan juga akan diajak melewati goa buatan yang sempit dan gelap. Baru setelah itu, bertemu dengan air terjun mini yang siap membuat tubuh basah kuyup. Semakin basah, semakin seru.

Bukan The Grand Taman Safari Prigen kalau tidak ada satwa yang diajak di setiap wahana. Di wisata ATV ini, ada gajah yang siap menyambut wisatawan di akhir perjalanan. Bersama gajah, bisa turun, memberikan makan, foto bareng dan kegiatan lainnya.

ATV The Grand Taman Safari Prigen yang dirancang khusus untuk menawarkan kombinasi tantangan dengan medan yang beragam termasuk tanjakan curam, belokan tajam, kubangan berlumpur, gua, dan air terjun. Memiliki panjang 3,6 kilometer, jalur ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk diselesaikan.

Untuk pengunjung dapat mencoba ATV dari paket standard sebesar Rp450 ribu. Sedangkan untuk paket Adventure atau tandem (1 pengemudi dan 1 penumpang)  sebesar Rp550 ribu. Paket ini mencakup perlengkapan keselamatan, pengalaman full track, makan siang, fasilitas, loker, dan pemandu.

Ada empat jadwal yang disediakan bagi wisatawan yakni mulai pukul 9:00 WIB-10:30 WIB, 11:00 WIB-12:30 WIB, 13:00 WIB-14:30 WIB dan 15:00 WIB-16:30 WIB.

Jadi tunggu apalagi, nikmati akhir pekanmu kali ini dengan "cara lain" menikmati wisata di Grand Taman Safari Prigen.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024