Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menyatakan bahwa lomba baris berbaris sebagai upaya melatih disiplin para siswa sekaligus bekal untuk mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Kediri.

"Lomba ini menjadi akses utama untuk masuk ke ajang seleksi Paskibraka di Kabupaten Kediri. Semangat nasionalisme harus tumbuh mulai SD, SMP, hingga SMA. Harapannya adik-adik ini menjadi generasi penerus suatu saat nanti," kata Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana di Kediri, Rabu.

Seribuan pelajar tingkat SMA/SMK di Kabupaten Kediri mengikuti lomba gerak jalan yang digelar oleh pemerintah kabupaten setempat dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-79 RI.

Ia mengapresiasi semangat para pelajar yang ikut serta dalam lomba gerak jalan tersebut. Mereka tentunya telah berlatih dengan maksimal sebelum kegiatan ini berlangsung.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Mokhamat Muhsin menambahkan bahwa lomba gerak jalan ini memberikan sisi manfaat dan positif bagi siswa. Selain melatih kedisplinan, lomba gerak jalan ini juga untuk meningkatkan kekompakan sesama pelajar.

"Kegiatan ini meningkatkan kekompakan antarpelajar, baik dalam peleton maupun interaksi di sekolah," kata dia.

Lomba baris berbaris tingkat SLTA ini diikuti SMA/SMK negeri dan swasta di Kabupaten Kediri. Tercatat, jumlah peserta baris berbaris ini mencapai 1.904 peserta. Untuk kategori putra dan putri masing-masing berjumlah 952 peserta, sedangkan untuk peleton putra dan putri masing-masing berjumlah 56 peleton.

Kegiatan ini juga digelar bertahap dengan lomba baris berbaris tingkat SMP. Untuk start dan finish di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri.

Sementara itu, sejumlah peserta mengaku senang bisa ikut kegiatan ini. Salah satu peserta, Mia dari SMK 1 Semen, Kabupaten Kediri mengatakan ia dengan teman-temannya telah berlatih cukup lama untuk ikut serta dalam lomba gerak jalan ini.

Ia pun senang bisa bertemu secara langsung dengan Bupati Kediri saat lomba ini digelar. Ia dengan tim berusaha keras untuk mengikuti lomba dengan baik, sesuai dengan yang diajarkan pelatih.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024