PT Petrokimia Gresik yang merupakan anggota holding Pupuk Indonesia menyatakan inovasi perusahaan berupa program Tawangargo Smart-Eco Farming Village (TAMENG) berhasil meraih penghargaan dalam ajang 4th TJSL dan CSR Award 2024 yang diselenggarakan oleh BUMN Track.

Program TAMENG yang diinisiasi oleh Petrokimia mendapatkan Platinum Winner atau penghargaan tertinggi untuk pengelolaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pilar Ekonomi dalam ajang tersebut.

“Penghargaan ini menjadi bukti jika program TAMENG mampu menjadi solusi kesejahteraan petani secara berkelanjutan,” kata Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo di Gresik, Jawa Timur, Kamis.

Baca juga: Petrokimia Gresik mulai operasikan pusat riset Agro Tech Center

Dwi menuturkan inovasi TAMENG sendiri telah diimplementasikan di kawasan sentra produksi hortikultura Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Ia menjelaskan greenhouse pada program community development (comdev) TAMENG adalah solusi peningkatan produktivitas cabai di Tawangargo sembari mengatasi perubahan iklim.

Program TAMENG diinisiasi seiring dengan Petrokimia Gresik yang merupakan bagian dari BUMN sehingga bertugas untuk meningkatkan produktivitas pertanian, menjaga ketahanan pangan nasional, serta memberikan manfaat bagi masyarakat melalui program TJSL.

“Program TAMENG ini mampu menjadi solusi peningkatan produktivitas cabai melalui pendekatan Climate Smart Agriculture," ujar Dwi.

Sementara itu, Dwi mengatakan penghargaan ini akan memotivasi perusahaan untuk menjalankan program TJSL yang semakin inovatif serta membawa dampak baik berkelanjutan bagi masyarakat sehingga menjaga ketahanan pangan nasional.

Terlebih, TAMENG juga sempat mendapatkan penghargaan TOP CSR 2024 #Stars 5 di ajang TOP CSR Award 2024 serta mendapatkan Silver Rank di ajang CSR & PDB (Pengembangan Desa Berkelanjutan) Award 2024.

Sebagai informasi, TJSL dan CSR Award 2024 merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh BUMN Track dan tahun ini merupakan keikutsertaan Petrokimia Gresik yang ketiga kali dengan setiap tahunnya selalu membawa pulang penghargaan.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi tertinggi bagi BUMN dan anak perusahaan BUMN yang telah menjalankan praktik TJSL dan CSR terbaik.

Program ini sekaligus memberikan rekomendasi kepada perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas program TJSL dan CSR demi tercapainya program pembangunan berkelanjutan.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024