Pj Bupati Madiun Tontro Pahlawanto berharap Kejaksaan RI semakin profesional dan adil dalam mengawal proses hukum di Kabupaten Madiun, Jawa Timur khususnya pada momentum peringatan ke-64 Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) tahun 2024.

"Saya berharap Kejari Kabupaten Madiun dapat terus berkontribusi dalam mewujudkan penegakan hukum yang adil, bermartabat, dan profesional, serta mendukung pembangunan di Kabupaten Madiun," ujar Pj. Bupati Madiun Tontro dalam kegiatan peringatan ke-64 Hari Bhakti Adhyaksa di kantor Kejari setempat, Senin.

Dalam kesempatan itu ia meminta seluruh jajaran Kejari Kabupaten Madiun semakin meningkatkan kinerja dan profesionalitas dalam tugas penegakan hukum di Indonesia.

Ia juga berharap Kejari Kabupaten Madiun sebagai lembaga penegak hukum memiliki kedudukan strategis dapat menjalankan fungsi dan wewenang dengan baik, baik di bidang pidana, perdata, tata usaha negara, dan intelijen serta kewenangan lainnya, secara profesional dan proporsional.

Kajari Kabupaten Madiun Oktario Hartawan Achmad mengucapkan terima kasih atas doa, harapan, dan kerja sama Forkopimda Kabupaten Madiun.

"Peringatan HBA tahun ini mengusung tema 'Akselerasi Kejaksaan untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas'. Melalui tema itu diharapkan insan Adhiyaksa dapat terus berbenah dan berinovasi dalam memberikan pelayanan hukum yang terbaik bagi masyarakat," kata Rio.

Ia menambahkan saat ini jajaran pidana khusus di kejari setempat sedang menangani tiga kasus dugaan korupsi di Kabupaten Madiun yang ketiganya masuk tahap penyidikan. Yakni, kasus pembangunan kolam renang di Kecamatan Gemarang, dugaan korupsi di Desa Sukosari, dan dugaan pengadaan jalan tol.

"Melalui momentum ini, kejaksaan meminta dukungan semua pihak termasuk masyarakat dalam menjalankan tugas. Dengan sinergi antara kejaksaan dan masyarakat, diharapkan penegakan hukum di Indonesia dapat semakin kokoh dan adil, serta mampu mewujudkan Indonesia Emas yang gemilang," katanya.

Kegiatan peringatan ke-64 Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) tahun 2024 diawali dengan upacara oleh seluruh staff lingkungan Kejari Madiun. Kemudian pemotongan tumpeng oleh Kepala Kejari Kabupaten Madiun Oktario Hartawan Achmad yang diberikan kepada Pj. Bupati Madiun. Pemotongan tumpeng juga diberikan kepada staf tertua dan termuda di lingkungan kejaksaan setempat.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024