Pemain belakang Timnas Indonesia U-19 Muhammad Iqbal Gwijangge yang mencetak satu gol dalam laga penyisihan grup A ASEAN U-19 Boys Championship atau Piala AFF U-19 melawan Kamboja, mengaku bahwa gol tersebut merupakan hasil dari mengikuti instruksi pelatih Indra Sjafri.

"Kami ada latihan set piece bersama pelatih juga, jadi memang sudah disiapkan dan ini bagian dari strategi pelatih juga," kata pesepak bola yang saat ini membela klub Liga 1 Indonesia Barito Putera itu, usai pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu malam.

Ia meyakini, jika menjalankan instruksi pelatih dengan baik maka hasil yang dicapai akan maksimal. Dalam melakoni laga tersebut, ia selalu berupaya dan bekerja keras untuk menyelesaikan tugas yang diemban. 

"Main saja dan disesuaikan dengan apa yang bisa dilakukan lakukan sesuai tugas, Insya Allah menurut saya hasilnya akan mengikuti," ucapnya.

Ia mengaku selalu mendapatkan perasaan yang mendorongnya untuk bisa mencetak gol sebelum maju ke depan saat ada set piece atau bola-bola mati. Meski demikian, ia tetap memiliki tugas untuk menjaga barisan pertahanan Timnas Indonesia U-19.

"Memang kadang juga ada feeling sebelum pertandingan, tapi yang pasti saya hanya melakukan tugas dan paling penting jangan sampai kebobolan," kata Iqbal.

Ia menambahkan, meskipun memiliki tugas khusus saat bola-bola mati, pemain kelahiran Sumedang itu tidak pernah melupakan tugasnya menjadi tembok kokoh Indonesia bersama Kadek Arel dan Buffon. Ia berharap, selama Piala AFF U-19 bisa terus membuat clean sheet dan menjadi juara.

"Yang paling penting kami tetap fokus di belakang, biar tidak terjadi gol dari counter attack Kamboja. Saya harap kami bisa terus clean sheet sampai menjadi juara," kata Iqbal.

Sementara, saat ditanya awak media terkait keefektifan pemain belakang dengan diisi empat atau tiga pemain, dirinya menjawab tidak mempermasalahkan hal tersebut, karena yang terpenting adalah tidak kebobolan.

"Menurut saya tiga atau empat (pemain) tidak ada masalah, yang paling penting kami bisa bertahan dan menyerang bersama-sama," ujarnya.

Pemilik nomor 21 di Timnas Indonesia U-19 itu juga bersyukur bisa menjadi pencetak gol terbanyak sementara di tim, namun tidak terlalu memikirkan status tersebut.

"Yang terpenting saya masih bisa berkontribusi bagi tim dan semoga di pertandingan selanjutnya bisa lebih baik lagi dari pada hari ini," ucap Iqbal.

Dalam laga melawan Kamboja, Indonesia memenangkan laga dengan skor akhir 2-0. Gol kemenangan Timnas Indonesia U-19 dicetak oleh Kadek Arel pada menit ke-71 dan Iqbal Gwijangge menit ke-86. 

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024