Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2024 kepada buruh pabrik rokok lintas wilayah Jawa Timur di Koperasi KAREB Unit SKT MPS Kapas, Bojonegoro, Jawa Timur.

Adhy di Bojonegoro, Jumat mengatakan, pihaknya mengalokasikan khusus BLT untuk buruh yang berdomisili di luar Bojonegoro atau buruh pabrik rokok lintas wilayah. diharapkan, BLT itu akan bermanfaat ketika anak masuk sekolah.

"Waktunya pas, karena berbarengan dengan anak-anak masuk Sekolah. Terutama buruh disini hampir 90 persen wanita sebagai tulang punggung keluarga,” katanya. 

Menurut Adhy, pada 2024 Jatim memperoleh alokasi DBHCHT Rp2,77 triliun. Anggaran ini bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau yang didasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2024 dan Peraturan Gubernur Jatim Nomor 84 Tahun 2023.

"Cukai rokok ini tidak hanya dinikmati buruh pabrik rokok di Jatim saja, melainkan juga menyebar ke seluruh Indonesia. Jadi yang menerima bukan hanya Kabupaten penghasil rokok saja," jelas Adhy.

Adhy juga mengapresiasi Koperasi KAREB unit SKT MPS, yang telah menyediakan lapangan pekerjaan dan mempekerjakan kaum perempuan.

Ia menambahkan, dengan tersedianya lapangan kerja, diharapkan mampu menurunkan angka kemiskinan di Jatim.

"Jawa Timur semakin hari semakin bagus sejalan dengan menurunnya angka pengangguran, sehingga ini berkontribusi positif dalam turunnya angka kemiskinan di Jatim dibandingkan provinsi lain," imbuh Adhy.

Sementara itu, Direktur Koperasi KAREB Sriyadi Purnomo mengatakan koperasi KAREB sudah ada sejak 30 tahun, turut memberikan dampak ekonomi positif bagi Jatim. 

"Kami atas nama pimpinan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang memberikan BLT untuk seluruh pekerja. Mudah-mudahan semoga dimanfaatkan semua pekerja untuk kebutuhan sekolah anak dan kebutuhan sehari-hari lainnya," kata Yadi.

BLT DBHCHT disalurkan kepada 393 orang buruh pabrik lintas wilayah Koperasi KAREB Unit SKT MPS Kapas Bojonegoro. Bantuan tersebut disalurkan Pj. Gubernur Adhy secara simbolis kepada lima orang buruh penerima. Masing-masing buruh menerima bantuan sebesar Rp1.031.145,59.

Untuk diketahui total sebaran penerima BLT DBHCHT buruh pabrik rokok lintas wilayah pada 2024 sebanyak 13.469 orang yang tersebar di 114 perusahaan dari 22 kabupaten kota yang berada di 5 wilayah Bakorwil Jawa Timur.


 

Pewarta: Muhammad Yazid

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024