Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Jawa Timur membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan untuk mengatasi kerawanan pangan di kabupaten setempat.

Dinas Ketahanan Pangan Probolinggo menggelar rapat koordinasi Satgas Ketahanan Pangan dengan melibatkan seluruh perangkat daerah di lingkungan pemerintah kabupaten setempat di Ruang PRIC, Mal Pelayanan Publik (MPP) Probolinggo, Kamis.

"Tujuan terbentuknya Satgas Ketahanan Pangan yaitu untuk memastikan dan secara harian ketersediaan, kelancaran distribusi, dan pergerakan harga pangan. Selanjutnya melakukan koordinasi dengan instansi terkait," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Probolinggo Yahyadi di kabupaten setempat.

Menurutnya rakor tersebut membahas stabilitas pangan agar distribusinya lancar dan dapat memenuhi suplai sehingga stok pangan masyarakat tersedia.

"Pembentukan Satgas Ketahanan Pangan tentunya sangat bermanfaat dan membantu mengatasi permasalahan pangan, bahkan berpeluang untuk mengantisipasi terhadap kerawanan pangan khususnya di Kabupaten Probolinggo," tuturnya.

Sementara Penjabat Bupati Probolinggo Ugas Irwanto menjelaskan bahwa untuk mewujudkan kemandirian dan kedaulatan pangan harus didukung dengan pembentukan Satgas Ketahanan Pangan yang memiliki tanggung jawab melakukan pengelolaan dan pemantauan ketahanan pangan di suatu wilayah.

Melalui rapat koordinasi itu, lanjut dia, diharapkan dukungan dan sinergi semua pihak dan OPD yang terkait agar bisa mengendalikan harga bahan pokok dan menekan inflasi di Kabupaten Probolinggo.

"Kami berharap dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kestabilan ekonomi masyarakat, sekaligus mempertahankan daya beli masyarakat terhadap bahan pokok dan roda perputaran ekonomi khususnya di Kabupaten Probolinggo terus berjalan dengan baik," katanya.


 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024