Ketua Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Surabaya Rini Indriyani mengajak guru Taman Kanak-Kanak (TK) untuk membangun dan menguatkan karakter peserta didiknya agar nantinya siap ke jenjang Sekolah Dasar (SD).

"Kalau penguatan di TK mungkin lebih ke karakter karena saat ini mereka baru memulainya. Kalau TK ini lebih ke cenderung bagaimana mereka bisa beradaptasi dan berbagi dengan temannya," ucap Rini kepada ANTARA saat kunjungan di TK Al Wahyu Surabaya, Rabu.

Selain itu, lanjutnya, bagaimana mengajari anak-anak agar mudah untuk bersosialisasi dengan teman sejawatnya.

"Karena mungkin di rumah biasa sendiri. Ketika di sekolah dia ketemu teman lainnya, dia harus antri mungkin dan harus bergantian untuk bermain atau belajar sesuatu hal," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya menekankan agar para guru TK agar bisa membuat suasana yang menyenangkan tanpa harus menjadikan beban bagi peserta didik.

"Sehingga itu yang lebih kami tekankan. Jadi pembentukan karakter untuk mereka siap untuk masuk ke jenjang yang lebih tinggi di SD," tuturnya.

Dalam kunjungan di TK Al Wahyu, Bunda Paud Rini membaur dengan para peserta didik dengan tanya jawab singkat dan memberikan hadiah kecil berupa makanan kecil dan minuman susu.

Tidak lupa ia berpesan agar para guru selalu sabar dalam membimbing para peserta didik karena hal itu yang paling harus dimiliki.


 

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024