Sebanyak 16 jurnalis dari berbagai media di Kabupaten Madiun, Jawa Timur mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan Rabu (10/7) hingga Kamis  di Magetan.

UKW diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Madiun bekerja sama dengan tim penguji peserta UKW dari Solopos.

"Sebanyak 16 jurnalis yang ikut UKW kali ini adalah wartawan yang telah lolos tahapan seleksi administrasi," ujar Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dony Adi Saputra, di Madiun, Kamis.

Ia mengapresiasi kepada wartawan yang bertugas meliput di wilayah Kabupaten Madiun yang ikut UKW. Hendaknya hal itu dapat menjadi motivasi bagi wartawan lain yang bertugas di wilayah Kabupaten Madiun yang belum pernah mengikuti UKW sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan peran sebagai wartawan yang berkualitas.

Adapun UKW diatur dalam Peraturan Dewan Pers Nomor 4 tahun 2017 tentang Sertifikasi Kompetensi Wartawan. Tujuan sertifikasi wartawan sesuai aturan tersebut di antaranya adalah meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, serta bagian dari sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan.

Selain itu kegiatan uji kompetensi wartawan juga bertujuan menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi penghasil karya intelektual, dapat menghindari penyalahgunaan profesi, dan menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers.

Wartawan yang sudah mengikuti sertifikasi akan memiliki kartu kompetensi. Kartu kompetensi adalah bukti bahwa mereka dalam bekerja sudah memenuhi standar kompetensi wartawan, dan memegang teguh kode etik jurnalistik.

Sementara itu salah satu peserta UKW, Loditya Anang, mengatakan dengan proses UKW dan pihaknya dinyatakan lulus maka ia harus menjalankan tugas wartawan secara profesional, integritas, kredibilitas, dan memegang kode etik.

"Kami berharap setelah lulus UKW, teman-teman bisa meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam membuat berita," kata Lodit.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Madiun yang telah memfasilitasi UKW. Ia juga berharap kegiatan UKW bisa digelar setiap tahun dengan melibatkan wartawan yang lebih banyak, supaya pemberitaan di Kabupaten Madiun lebih bernilai, kredibel, faktual, dan menarik.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Vicki Febrianto


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024