Kontingen tenis Indonesia merebut juara umum dengan mengoleksi empat emas dalam ajang ASEAN University Games (AUG) 2024, yang berlangsung di lapangan tenis Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Kepastian juara umum, setelah dalam laga terakhir menambah dua emas dari nomor ganda putri dan ganda campuran. Setelah sebelumnya mendapat dua medali emas dari beregu putra dan putri.

Cabang olahraga (cabor) tenis diikuti oleh empat negara yakni Indonesia, Thailand, Singapura dan Filipina, dari tujuh nomor yang dipertandingkan secara keseluruhan, Negeri Gajah Putih, tampil sebagai juara kedua dengan merebut tiga emas dari nomor tunggal putra dan putri serta ganda putra.

Koordinator Pertandingan Wilayah Unesa Dwi Cahyo Kartiko saat ditemui wartawan di Unesa, Minggu, mengatakan kegagalan Indonesia di sektor tunggal putri diawali dari cederanya petenis andalan Fadona Kusumawati yang menyerah dari Watsachol Sawatdee (Thailand) di semifinal pada Sabtu (29/6), dengan skor 6-7 (5), 0-3 (ret).

"Fadona tidak mampu melanjutkan pertandingan pada set kedua dan harus menyerah karena dehidrasi," katannya.

Di semifinal lainnya, lanjutnya, Fitriani Sabatini juga gagal melaju ke final setelah takluk dari pemain Thailand Viera Deeperm dengan sjor 3-6, 6-7.

Final tunggal putri akhirnya mempertemukan dua pemain Thailand yang dimenangkan Sawatdee 6-4, 7-6, 6-3.

Sementara, juara tunggal putra diraih Akanit Pumjit setelah menaklukkan andalan Indonesia Gunawan Trismuwantara 6-4, 3-6, 6-3.

Kehadiran Pejabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono yang didampingi Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan di Lapangan Tenis Unesa, Minggu, tidak mampu menambah motivasi Gunawan yang sejatinya berasal dari wilayah tersebut.

Di nomor ganda putra, Tegar Abdi/Lucky Chandra harus menyerah pada Anapat Timangkul/Majoli Maggioli 6-1, 1-6, 3-6. 

Indonesia mengambil emas dari nomor ganda putri yang dipersembahkan oleh si kembar Fitriani Sabatini/Fitriana Sabrina setelah menundukkan Sawatdee/Viera Deeperm dengan skor 6-2, 6-2.

Sisa satu pertandingan di nomor ganda campuran, pasangan tuan rumah Gunawan/Fitriana menyumbang satu emas setelah menang dua set langsung atas rim Thailand Yatawee Chimcham/Majoli Maggioli dengan skor 7-5, 6-2.

Kehadiran Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, untuk melihat atlet-atlet Jawa Timur yang membela Indonesia dalam ajang AUG 2024.

Di kelompok putra, Jatim memberikan kontribusi dua atlet yakni Gunawan dan Tegar Abdi, sedangkan di sektor putri ada dua atlet juga yakni Fadona dan Khofifah Indah Paraswati. (*)

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024