Kader PDIP Kota Yogyakarta yang merupakan anggota dewan terpilih bersama segenap pengurus PAC, ranting dan anggota Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) melakukan ziarah ke makam Proklamator RI Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur.

Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta Eko Suwanto mengemukakan ziarah ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum. Kegiatan ini juga bagian dari mengingat kembali sejarah perjuangan Bung Karno untuk ikut serta menjadikan bangsa ini merdeka dari penjajah.

"Perjalanan kami ke Perpustakaan Bung Karno, ziarah Bung Karno dan doa bersama. Ini bagian dari hikmah perjuangan Proklamator RI, Bung Karno yang berjuang demi bangsa dan negara memproklamirkan Indonesia merdeka," kata Eko Suwanto di Blitar, Jumat.

Pihaknya meneladani perjuangan Bung Karno sebagai penyemangat. "Sebagai kader, penting untuk menyikapi perjuangan Bung Karno selama ini," katanya.

Ia menambahkan, sejarah perjuangan kebangsaan Indonesia mencatat bahwa Bung Karno dengan Pancasila 1 Juni 1945 telah memberikan fondasi ideologi bangsa yang penting jadi pedoman bernegara.

Di bulan Juni, yang kini diperingati sebagai bulan Bung Karno, ada peringatan hari lahir Pancasila, lalu 6 Juni 1901 sebagai hari lahir Ir Soekarno, di Peneleh Surabaya, pada 21 Juni 1970 wafatnya Proklamator lalu dimakamkan di Blitar.

Ziarah ke makam Proklamator RI di Blitar, tambah dia, menjadi pengingat bagi seluruh kader PDI Perjuangan untuk lebih mementingkan kehidupan berbangsa dan bernegara di atas kepentingan pribadi dan keluarga.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024