Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur gotong royong menyalurkan ratusan paket daging kurban melalui program ASN Berbagi pada momentum Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyuwangi Mujiono menjelaskan bahwa gotong royong para Aparatur Sipil Negara Banyuwangi, itu menghasilkan tiga ekor sapi dengan bobot total 400 kilogram sebagai hewan kurban.

"Hewan kurban tersebut telah disembelih dan ada sekitar 600 paket dagingnya disalurkan kepada warga pra-sejahtera, seperti tukang becak dan lainnya," katanya di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu.

Mujiono menyampaikan daging kurban hasil gotong royong ASN dibagikan kepada warga-warga yang kurang mampu di sekitar lingkungan kantor pemerintah kabupaten setempat.

"Termasuk juga bagi warga kurang mampu yang masuk dalam data UGDK Kemiskinan Banyuwangi," katanya.

Menurut Mujiono, program ASN Berbagi sendiri telah diluncurkan oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani sejak awal tahun 2024.

Lewat program ASN Berbagi, lanjut ia, seluruh ASN di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu diajak bergotong royong untuk mengatasi berbagai permasalahan sosial di daerah.

Mulai pengentasan kemiskinan, stunting dan berbagai permasalahan lain di masyarakat, sedangkan pada momentum Idul Adha ini, ASN Berbagi digelar dengan menyalurkan bantuan daging kurban.

"Dari kegiatan ini kami berharap para ASN tidak hanya berkontribusi tidak hanya terkait pekerjaannya saja, tapi juga kami ajak untuk berbagi kebahagiaan atas rezeki yang telah didapatkan," kata Mujiono.

Sebelumnya, pada Hari Raya Idul Adha 2024  Ipuk telah menyalurkan sebanyak 60 ekor hewan kurban ke masjid dan pondok pesantren di wilayah Banyuwangi.

Hewan kurban tersebut terdiri dari 20 ekor sapi dan 40 ekor kambing yang seluruhnya berasal dari peternak Banyuwangi.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024