Yayasan Al Afkar Amalillah Surabaya menggelar Safari Kurban pada momentum Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah dengan menyembelih seratusan ekor hewan kurban sapi dan domba/ kambing salah satunya di Situbondo, Jawa Timur, Selasa.

Pembina Yayasan Al Afkar Amalillah Surabaya, Abuya Farid Alamudi menyebutkan untuk kegiatan Hari Raya Kurban tahun ini ada 23 ekor hewan kurban yang terdiri atas kambing dan sapi yang dibagikan ke masyarakat kurang mampu dan keluarga yatim di Situbondo.

"Khusus di Situbondo, kami punya dua lembaga Rumah Quran yang dikhususkan bagi anak yatim dan keluarga dhuafa," katanya kepada wartawan di Situbondo, Jawa Timur.

Yayasan Al Afkar Amalillah yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan itu, lanjut Abuya Farid, selain berbagi daging kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah juga memberikan pelatihan merawat dan memandikan jenazah dan termasuk pula mendirikan rumah tahfidz.

"Di Situbondo, kami ada Rumah Quran At Taqwa (Kecamatan Panji) khusus bagi anak yatim dan dhuafa yang mau menghafal Al Quran tanpa biaya alias gratis," kata Abuya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Rumah Quran At Taqwa Situbondo, Ratna Masithoh mengemukakan pada Hari Raya Kurban 2024 ada 11 ekor kambing kurban yang disembelih dan dibagikan kepada keluarga yatim penghafal Al Quran dan warga sekitar yayasan tersebut.

"Kegiatan kami saat ini berbagi daging kurban, karena ini merupakan bagian dari penyebaran hewan kurban dari Yayasan Al Afkar Amalillah," katanya.

Ratna Masithoh menjelaskan bahwa kegiatan di Rumah Quran At Takwa meliputi mengaji dan setoran tahfidz Al Quran karena memang menjadi program unggulan adalah tahfidz.

"Ada tambahan materi yakni shalat dan doa shalat di Rumah Quran," katanya.

Dari pantauan, pembagian daging kurban dilakukan dari rumah ke rumah oleh panitia Yayasan Al Afkar Amalillah.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024